Teks Eksposisi – Pengertian, Arah, Susunan, dan Ciri-Ciri

Kamu tentu sempat membaca info berbentuk teks pada media, kan? Dapat jadi info yang kamu dapatkan itu sebuah teks eksposisi. Pada artikel ini kita akan belajar mengenai materi serta susunan teks eksposisi.

Kamu yang suka membaca media massa, majalah, artikel atau posting baik pada media bikin, elektronik atau sosial media, tentu sempat membaca satu teks eksposisi.

Meskipun kamu tidak sadar jika yang kamu baca itu adalah contoh teks eksposisi.

Sebab umumnya hasil pertimbangan seorang yang di-publish di sosial media termasuk juga ke tipe teks eksposisi.

Teks eksposisi termasuk tipe teks yang gampang didalami. Serta beberapa contohnya seringkali diketemukan dalam kehidupan setiap hari.

Pemahaman Teks Eksposisi

Teks eksposisi ialah satu karangan yang berisi satu info atau pengetahuan berbentuk bukti serta ide opini. Diberikan dengan cara singkat, jelas, padat serta tepat.

Sesaat menurut situs KBBI, berikut pemahaman eksposisi.

bekas.po.sang.sang /èksposisi/ ialah rincian (paparan) yang mempunyai tujuan menerangkan tujuan serta arah (contohnya satu karangan).

KBBI daring

Sedang menurut situs Wikipedia, eksposisi salah satu tipe peningkatan paragraf di dunia tulisan.

Didalamnya dicatat dengan arah untuk memberi pemahaman atau keterangan dengan style tulisan yang tepat, singkat serta padat. Beberapa contoh tulisan eksposisi ini bisa diketemukan di koran atau media massa.

Lewat satu teks eksposisi, penulis berupaya sampaikan ide serta pikirannya tentang satu hal pada pembaca.

Paragraf eksposisi berbentuk ilmiah sebab memiliki kandungan bukti. Hingga paragraf eksposisi termasuk juga ke tipe teks non-fiksi.

Bermacam karangan serta paragraf eksposisi seringkali dipakai dalam soal komunikasi setiap hari, baik dengan cara lisan atau tulisan.

Misalnya ialah saat ada dialog dalam satu komunitas, selanjutnya seorang sampaikan ide pemikirannya dibarengi data simpatisan.

Untuk memberikan dukungan pemikiran serta ide dalam teks eksposisi, seharusnya diperlengkapi dengan data simpatisan seperti gambar, infografik atau statistik.

Arah Teks Eksposisi

Dua buku bertumpukTeks eksposisi mempunyai tujuan untuk memberi serta menerangkan satu info pada pembaca. Hingga pembaca memperoleh wacana serta ilmu dan pengetahuan baru dengan cara detil tentang satu hal serta tidak ada ketidaksamaan.

Dalam satu jurnal riset menulis kekuatan eksposisi diterangkan jika karangan atau paparan eksposisi ialah tipe karangan yang berupaya menjelaskan inti pemikiran pada pembaca. Supaya pembaca memperoleh pengetahuan baru.

Susunan Teks Eksposisi

Baca-baca buku sekalian ngopiSelain harus mempunyai judul, satu teks eksposisi mempunyai susunan. Teks eksposisi memiliki 3 buah susunan. Berikut susunan teks eksposisi serta penuturannya.

1. Tesis atau Pengakuan PendapatTesis ini adalah sisi pembuka teks eksposisi. Sisi ini berisi pengenalan rumor atau hal yang akan diulas.

Penulis sampaikan pandangannya pada umumnya tentang topik yang diulas. Sebab didalamnya itu, tesis dapat dikatakan sebagai pengakuan opini.

2. AlasantasiArgumentasi adalah sisi penting dari satu teks eksposisi. Sisi ini berisi serangkaian alasan penulis yang bermanfaat untuk menerangkan serta memberikan dukungan opini penulis di bagian tesis awalnya.

Serangkaian alasan penulis ini harus dibarengi dengan data, bukti atau bukti simpatisan yang benar. Selanjutnya penulis mengutarakan fakta-alasan gagasannya pada hal yang diulas.

Penjelasan tentang opini penulis lewat sisi alasantasi ini akan bertumbuh jadi beberapa paragraf.

Panjang pendeknya sisi ini serta jumlah paragrafnya bergantung pada seberapa banyak alasan yang dikatakan penulis.

3. Penegasan UlangDan sisi penegasan lagi adalah penutup teks eksposisi yang terletak berada di paragraf paling akhir. Sisi ini berisi perumusan atau penegasan kembali lagi opini penulis dengan cara singkat.

Penegasan gagasannya masih berdasar alasantasi. Sisi ini juga bisa dikatakan sebagai simpulan dari keseluruhnya isi teks.

Peranan Teks Eksposisi

Lembaran buku terbukaFungsi teks eksposisi ialah mengutarakan, sampaikan, menjelaskan serta merinci satu ide hasil dari pertimbangan inti penulis tentang satu hal.

Hal yang diulas berbentuk ilmiah serta non-fiksi hingga harus dibarengi dengan fundamen alasan yang kuat.

Faedah Teks Eksposisi

Beberapa buku terbukaManfaat teks eksposisi ialah menerangkan isi peningkatan paragraf satu karangan yang berbentuk non-fiksi.

Bila tidak dibuat dengan susunannya yang benar dan baik, teks eksposisi tidak mempunyai faedah ini. Hingga pembaca dapat jadi kurang pahami tentang tema ulasannya.

Unsur-Unsur Teks Eksposisi

Buku terbuka di atas rumputSebenarnya tidak semua teks Bahasa Indonesia mempunyai faktor kecuali faktor kebahasaan. Tetapi, teks eksposisi memiliki di luar aturan kebahasaannya sendiri.

Berikut 2 faktor teks eksposisi yang tetap terdapat didalamnya.

1. Ide, Inspirasi atau PendapatUnsur teks eksposisi yang pertama ialah ide. Ide bisa berbentuk pengakuan opini, penilaian atau tanggapan penulis hasil dari pikirannya sendiri.

Terletak ada pada susunan pengakuan opini atau dibagian atas tulisan.

2. FaktaFakta ialah suatu hal yang ada serta betul-betul berlangsung atau satu fakta. Dalam teks eksposisi, kehadiran bukti berbentuk harus atau harus ada.

Alasan penulis harus dibantu dengan bukti untuk menguatkannya. Dengan demikian, gagasannya diinginkan dapat semakin memberikan keyakinan pembaca.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Buku serta kacamataUntuk memperbedakan teks eksposisi dengan tipe teks Bahasa Indonesia yang lain, kamu perlu ketahui ciri-cirinya.

Menurut buku Teks dalam Analisis Susunan serta Kebahasaan (2018) karya Taufiqur Rahman, beberapa ciri teks eksposisi pada umumnya ialah menerangkan info mengenai pengetahuan, berbentuk persuasif atau ajak serta tidak berpihak.

Untuk lebih detilnya, berikut semua beberapa ciri teks eksposisi.

Teks dicatat dengan singkat, jelas, padat serta tepat.

Berbentuk ajak atau merayu pembaca pada opini serta alasan penulis. Biasa disebutkan dengan arti persuasif.

Info dalam teks dikatakan dengan cara polos serta memakai bahasa yang baku.

Menerangkan serta sampaikan info berbentuk pengetahuan.

Pembaca memperoleh pengetahuan baru sesudah membacanya.

Meskipun berbentuk persuasif, tetapi teks berbentuk tidak berpihak. Berarti penulis tidak memaksa gagasannya pada beberapa pembaca.

Teks berbentuk netral serta netral.

Dibarengi dengan data-data benar serta tepat.

Berdasar pada bukti yang ada. Bukti berperanan untuk alat andil serta konkritasi.

Dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, kenapa serta bagaimana.

Sedangkan untuk contoh teks eksposisi bisa Anda lihat dihalaman yang telah saya lampirkan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.