Luka Operasi Caesar yang Perlu Diperhatikan Oleh Para Ibu

Momen melahirkan merupakan salah satu momen besar yang akan dirasakan oleh setiap ibu. Melahirkan sendiri dapat dilakukan melalui dua proses yakni antara proses secara normal maupun caesar. Bagi Anda yang ingin melakukan operasi caesar, ada beberapa hal seputar luka operasi caesar yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa diantaranya.

Penyembuhan luka

Meskipun setelah melakukan operasi caesar akan timbul luka di area sekitar perut, namun bukan berarti luka tersebut tidak dapat disembuhkan sama sekali. Dengan melakukan perawatan yang tepat, luka bekas operasi caesar bisa disembuhkan dengan mudah. Setelah luka tertutup dengan sempurna serta jahitan juga telah dilepas, berikan pijatan lembut di area sekitar bekas luka. Proses pemijatan berguna untuk memperlancar aliran darah agar tidak terasa mati rasa di area tersebut. Anda juga bisa menggunakan krim khusus untuk menghilangkan bekas luka agar proses penyembuhan berjalan lebih optimal. Ketika bekas luka terasa gatal, jangan garuk dengan tangan karena bisa menimbulkan iritasi yang membuat luka tak kunjung sembuh.

Waktu nyeri terasa

Nyeri karena luka setelah operasi caesar tentu merupakan suatu hal yang ingin segera disudahi oleh setiap ibu. Tapi, proses penyembuhan luka juga membutuhkan waktu sampai benar-benar kering dan rasa nyeri pun bisa menghilang. Tapi, berapa lamakah rasa nyeri akan terasa di area sekitar luka bekas operasi caesar?

Umumnya, rasa nyeri pada luka operasi caesar akan dirasakan oleh para ibu selama 6 bulan setelah proses persalinan. Waktu tersebut dibutuhkan untuk mengembalikan luka agar bisa kering dan kulitpun menutup dengan sempurna. Tapi, pada beberapa kejadian ada beberapa wanita yang setelah melahirkan merasakan nyeri lebih dari 6 bulan.

Biasanya, rasa nyeri yang lebih lama terjadi karena adanya gangguan pada sistem saraf. Perhatikan apakah di sekitar area luka terdapat bekas merah atau bengkak karena bisa berpotensi terjadinya infeksi. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi pada dokter apabila rasa nyari tak kunjung berakhir dalam waktu lebih dari 6 bulan.

Itulah dua hal seputar luka operasi yang perlu Anda ketahui. Setelah melakukan operasi, Anda perlu berhati-hati dan menjaga betul pola hidup sebaik mungkin. Sebab, hal tersebut akan sangat mempengaruhi proses penyembuhan luka pasca operasi apakah akan berjalan lebih cepat atau tidak. Anda juga bisa menggunakan obat luka operasi dengan mencarinya melalui Go Apotik. kunjungi link berikut https://www.goapotik.com/produk/vometa-60-ml-sirup-99 untuk menuju Go Apotik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.