Cara Mengobati Pilek Anak Tanpa Obat

Memasuki musim penghujan ini biasanya orang-orang akan rentan terkena penyakit pilek.  Dan tentunya penyakit pilek ini tak hanya menyerang orang dewasa saja, melainkan pada anak-anak pun akan mengalami hal yang serupa. Namun anda tidak usah khawatir untuk segera mengobati pilek tersebut dengan mengunjungi dokter, pasalnya anda masih bisa mengobatinya dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Adapun beberapa obat pilek untuk anak yang bisa anda coba dirumah adalah sebagai berikut :

  • Bawang putih

Bawang putih sejatinya memiliki kandungan kimia alami yang dapat melawan virus dan meningkatkan sel-sel sistem kekebalan tubuh. Namun untuk dimakan secara langsung tentunya bawang putih ini kurang disukai karena aromanya yang begitu menyengat. Untuk itu salah satu cara mengolah bawang putih ini yang paling mudah adalah dengan mencampurnya ke dalam sup ayam. Yang dimana paduan sup ayam dan bawang putih ini bisa jadi salah satu paduan yang sangat tepat untuk menyembuhkan penyakit pilek. Hal ini disebabkan pada ayam juga terdapat zat yang disebut carnoise, yang terbukti bisa mengurangi gejala-gejala yang muncul saat pilek. Selain itu juga kehangatan sup ayam ini bisa membantu melegakan hidung yang sedang tersumbat.

  • Madu

Tak hanya bisa mengobati penyakit pilek saja, dalam kandungan madu ini juga ternyata bisa membantu meredakan gejala batuk yang dikarenakan oleh penyakit pilek ini. Untuk menjadikannya sebuah obat, anda bisa mencampurkan madu ini dalam satu gelas air hangat untuk diminum di setiap pagi dan di malam hari.

  • Vitamin C

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin C ini juga ternyata bisa dijadikan sebagai obat hidung tersumbat yang aman untuk anak, Adapun buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C ini bisa anda temukan pada buah jeruk, lemon, belimbing, tomat, jambu, paprika, kiwi, brokoli dan lain sebagainya.

  • Jahe

Selain bisa digunakan untuk bahan pelengkap masakan ataupun sajian minuman wedang, sejatinya jahe ini juga bisa menjadi obat alami bagi penyakit pilek. Pasalnya pada jahe ini terdapat sebuah kandungan yang bisa membuat otot saluran pernapasan bisa menjadi lebih rileks. Untuk mengobati penyakit pilek ini, anda bisa mengkonsumsi air jahe ini dengan campuran teh hangat, supaya memiliki rasa yang lebih enak saat sedang diminum.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.