Tips Menyemir Sepatu Agar Selalu Tampak Mengkilap Seperti Baru

Membeli sepatu bukanlah hal yang sulit Anda lakukan di zaman modern ini. Bahkan, Anda juga bisa membeli sepatu secara online melalui toko-toko online terpercaya. Pilihan sepatu pria yang dijual secara online semakin beragam sehingga Anda leluasa memilih sesuai kebutuhan.

Biasanya sepatu formal pria terbuat dari bahan kulit yang lentur dan nyaman dipakai. Anda harus menyemir sepatu formal secara teratur. Agar sepatu formal pria kesayangan Anda selalu mengkilap seperti baru.

Kalau Anda belum memahami cara menyemir sepatu yang benar, tips berikut ini akan membantu Anda melakukannya secara sempurna. Sepatu formal pria yang Anda miliki pasti akan kembali memukau seperti sepatu baru:

Memilih Warna Semir Sepatu yang Tepat

Anda harus menyiapkan produk semir sepatu berkualitas untuk sepatu kesayangan Anda. Mulailah dengan memilih warna semir sepatu yang tepat. Pada umumnya, semir sepatu terdiri dari dua warna yaitu hitam dan cokelat. Namun, belum tentu semir sepatu yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan warna sepatu Anda.

Bila Anda kesulitan menemukan warna semir yang pas, Anda bisa memilih warna yang sedikit lebih cerah daripada warna sepatu Anda. Jangan memilih warna semir yang lebih gelap. Sebab hal tersebut malah akan membuat warna sepatu jadi tidak merata dan terkesan kotor.

Menyiapkan Sikat Berbulu Lembut

Pemilihan sikat untuk menyemir sepatu juga tak boleh dilakukan sembarangan. Sebaiknya Anda langsung membeli sikat khusus untuk sepatu di supermarket. Karena sikat tersebut harus memiliki bulu-bulu halus bertekstur lembut. Jangan sampai sikat yang Anda gunakan malah berisiko menimbulkan goresan pada permukaan sepatu. Goresan yang terbentuk akibat sikat kasar akan membuat sepatu Anda terlihat kurang menarik.

Sepatu Harus Dibersihkan Terlebih Dahulu

Sebelum disemir, sebaiknya sepatu dibersihkan terlebih dahulu. Anda wajib memastikan bahwa tidak ada kotoran dan debu yang tertinggal pada permukaan sepatu. Supaya kandungan semir bisa meresap sempurna ke serat-serat sepatu. Gunakan kain lap yang sudah dibasahi dengan sedikit air untuk membersihkan seluruh permukaan sepatu. Kemudian, tunggulah selama beberapa menit agar permukaan sepatu benar-benar kering sebelum disemir.

Menyemir Sepatu dengan Gerakan Searah

Proses menyemir sepatu harus dilakukan secara cermat agar hasilnya maksimal. Anda harus menyemir sepatu dengan gerakan searah serat sepatu. Jangan sampai tekstur sepatu malah berubah karena Anda menyemir dengan cara yang keliru. Biarkan selama kurang lebih 10 menit agar warna semir meresap sempurna.

Jangan Lupa Membersihkan Sisa Semir

Setelah sepuluh menit, siapkan kain lap bersih untuk menggosok sisa-sisa semir sepatu. Gosok secara perlahan-lahan sampai permukaan sepatu terasa lembut dan tidak meninggalkan bekas semir. Sepatu formal Anda pun akan tampak bersih, mengkilap, dan siap digunakan kembali.

Intesitas Penyemiran Sepatu yang Tepat

Sebaiknya Anda menyemir sepatu setiap seminggu sekali. Setelah sepatu Anda digunakan selama berhari-hari untuk beraktivitas. Proses penyemiran secara teratur akan membuat warna dan tekstur sepatu jadi awet lebih lama. Untuk mempertahankan kualitas sepatu Anda, sebaiknya Anda menjauhkan sepatu dari air dan sinar matahari. Manfaat semir sepatu pun akan semakin maksimal.

Terakhir, jangan lupa mengalasi lantai dengan koran ketika akan menyemir sepatu. Sehingga Anda tak perlu repot membersihkan sisa semir yang berceceran. Ternyata menyemir sepatu tidak sulit bila Anda sudah tahu caranya. Tinggal siapkan produk semir sepatu berkualitas agar sepatu kesayangan selalu menarik dan mampu menyempurnakan penampilan Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.