Tips Memilih MPASI Siap Pakai di Pasaran yang Sehat

Makanan pendamping untuk ASI atau yang lebih dikenal sebagai MPASI merupakan jenis produk makanan yang diberikan kepada buah hati ketika mereka sudah memasuki usia 6 bulan ke atas. Bahkan tak jarang diantaranya beberapa ibu yang memberikan mereka MPASI di usia sebelum itu, karena melihat kebutuhan nutrisi si kecil sudah jauh lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya. Di pasaran produk yang satu ini dapat dijumpai dengan mudah dalam berbagai bentuk, misalnya saja ada bubur, biskuit dan sebagainya. Namun Anda sendiri juga berkreasi dengan menu untuk MPASI pertama sendiri di rumah.

Jika melihat dari pemakaiannya memang sangat praktis, khususnya adalah bagi para ibu rumah tangga yang memang sibuk juga dengan kegiatan yang lainnya, namun juga patut untuk diketahui bahwa terkadang kandungan nutrisinya tidak cukup sehat bagi mereka. Padahal pentingnya MPASI pertama bayiini juga menunjang kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang, sehingga lebih dianjurkan untuk membuat sendiri.

Namun tak masalah juga bagi Anda jika memang ingin membeli jadi, asalkan memperhatikan beberapa hal ini dalam memilihnya, yaitu:

  1. Cek komposisi atau kandungan bahan yang ada di dalamnya, pastikan untuk selektif melihat bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya, jangan sampai ada kandungan yang kurang aman atau memicu terjadinya reaksi alergi, mengingat pada beberapa bayi terkadang memiliki alergi pada beberapa jenis bahan makanan tertentu.
  2. Tanggal kadaluarsa juga harus diperhatikan, hal ini dikarenakan setiap produk makanan memiliki masa layak pakai yang berbeda-beda, jika sudah melebihi batas yang ditentukan tentunya akan berbahaya untuk si kecil, bisa memicu keracunan.
  3. Hindari MPASI dengan kandungan bahan pengawet, pemanis dan juga penyedap rasa, memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya hal ini pasti ditambahkan ke dalamnya, namun dalam porsi atau ukuran yang berbeda-beda, semakin besar jumlahnya tentu semakin berbahaya.

Pastikan juga memilih varian rasa yang nikmat dan disukai oleh si kecil karena pentingnya MPASI pertama bayi, namun jangan setiap hari mereka diberikan produk MPASI siap pakai, selang-seling juga dengan menu pendukung ASI yang dibuat sendiri di rumah, terkadang si kecil tentu ingin merasakan varian makanan yang berbeda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.