6 Bagian Tangga yang Perlu Diketahui

Rumah tapak satu lantai yang dibeli 10 tahun lalu kini seakan sudah terlalu sempit. Anda pun tentu ingin untuk merenovasi dan menambah luas rumah setelah kedua anak Anda beranjak dewasa. Masalahnya, Anda tidak lagi memiliki lahan ke samping untuk membangun rumah. Tidak masalah, karena Anda dapat menambah jumlah lantai di rumah Anda.

Hal inti kerap terjadi bagi para pemilik rumah yang sudah menikah selama 5 hingga 15 tahun. Dan hal tersebut wajar terjadi. Rumah murah yang berukuran mungil seakan tidak lagi cukup untuk menampung anggota keluarga. Maka dari itu banyak yang meningkatkan rumahnya.

Dengan menambah jumlah lantai di rumah Anda, tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari jumlah ruangan tambahan, hingga pemilihan tangga di dalam rumah. untuk tangga sendiri, sekilas memang tampaklah sama saja, padahal, ada banyak jenis dan varian dari tangga. Dan hal ini dapat disesuaikan dengan konsep rumah Anda.

Maka dari itu, sebelum membeli tangga, Anda perlu untuk mengetahui bagian-bagian dari tangga sehingga paham tangga yang terbaik untuk rumah Anda.

Fondasi

Adanya fondasi tangga adalah agar nantinya tangga tidak mengalami pergeseran atau penurunan. Biasanya, fondasi dari tangga menggunakan batu kali dan fondasi tapak. Tidak jarang, ada pula orang yang menggunakan gabungan dari keduanya.

Ibu Tangga

Bagian ini adalah bagian yang paling penting dalam tangga. Ibu tangga sendiri berfungsi untuk mengunci anak-anak tangga. Biasanya, ibu tangga dibangun terpisah dan dibuat menjadi satu dengan bangunan lainnya.

Anak Tangga

Biasanya, untuk rumah, ukuran anak tangga adalah sebesar 80 sentimeter. Fungsi dari anak tangga ini sendiri adalah untuk tempat pijakan kaki pada saat digunakan untuk maki atau turun tangga.

Pagar Tangga

Pagar tangga adalah bagian untuk melindungi para pengguna tangga dari terjatuh. Biasanya terletak di bagian samping tangga. Apakah itu bagian kiri, kanan, atau keduanya. Tergantung desain yang ada. Bentuk dan variannya sendiri bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan konsep rumah.

Pegangan Tangga

Pegangan tangga adalah pegangan yang digunakan agar nantinya para pengguna dapat berpegangan atau bertumpu ketika menggunakan tangga.

Bordes Tangga

Bordes tangga merupakan bagian yang terletak di antara susunan anak tangga. Bentuknya berupa bagian datar untuk tempat beristirahat sejenak. Ukuran bordes sendiri biasanya 80-100 sentimeter.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.