Apa Itu Analisis SWOT? Bagaimana Contohnya? Simak disini

SWOT yaitu singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, serta Threats. Seperti namanya, Analisa SWOT adalah satu tehnik rencana kiat yang berguna untuk mengevaluasi kemampuan (strength) serta kekurangan (weakness), kesempatan (opportunities), serta ancaman (threats) dalam satu project, baik yang tengah berjalan ataupun dalam rencana baru. Analisa SWOT pertama kalinya dikenalkan oleh Albert S Humphrey pada th. 1960-an dalam memimpin project penelitian di Stanford Research Institute yang memakai data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

1. Aspek Internal (Strength serta Weakness)
Untuk aspek internal atau aspek yang datang dari dalam terbagi dalam dua point yakni kemampuan serta kekurangan. Keduanya juga akan beresiko tambah baik dalam satu riset saat kemampuan semakin besar dibanding kekurangan. Dengan hal tersebut kemampuan internal yang maximum terang juga akan memberi hasil riset yang jauh tambah baik. Mengenai sisi bagian dari aspek internal tersebut adalah :

– Sumber daya yang dipunyai

– Keuangan atau finansial

– Keunggulan atau kekurangan internal organisasi

– Pengalaman-pengalaman organisasi terlebih dulu (baik yang berhasil ataupun yang tidak berhasil)

2. Aspek Eksternal (Opportunities serta Threats)
Ini adalah aspek dari luar entitas, dimana aspek ini tidak dengan segera ikut serta pada apa yang tengah di teliti serta terbagi dalam 2 point yakni ancaman serta kesempatan. Ada kesempatan dan ancaman ini sudah pasti juga akan memberi data yang perlu dimasukkan dalam jurnal riset hingga hasilkan kiat untuk menghadapinya. Sebagian point yang termasuk juga pada aspek eksternal adalah :

– Tren

– Budaya, sosial politik, ideologi, perekonomian

– Sumber-sumber permodalan

– Ketentuan pemerintah

– Perubahan teknologi

– Peristiwa-peristiwa yang terjadi

– Lingkungan

Seperti satu cara biasanya, analisis SWOT ini cuma bisa menolong menganalisa kondisi yang tengah dihadapi oleh perusahaan atau satu organisasi. Serta cara ini bukanlah satu jawaban tentu yang dapat memberi jalan keluar pada setiap problem yang tengah dihadapi, tetapi minimum juga akan memecah masalah yang ada dengan mengurainya jadi bagian-bagian kecil yang semakin lebih terlihat sederhana.

Terkecuali buat analisis SWOT, perusahaan harus juga mulai buat analisa keuangan dengan pas. Dengan mempunyai analisa keuangan, Anda bisa lebih gampang memutuskan sampai meningkatkan perusahaan. Jurnal adalah software akuntansi on-line yang bisa menolong Anda buat neraca keuangan dengan instan, hingga mempermudah dalam menganalisa keuangan perusahaan. Dapatkan informasi serta feature beda dari Jurnal disini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.