Pentingnya Membiasakan Memiliki Tabungan Sedari Kecil Pada Anak-anak

Perilaku orang dewasa seringkali menjadi panutan atau contoh bagi putra-putri mereka termasuk dalam kegiatan ekonomi. Tak jarang orang tua bekerja hingga larut malam untuk mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhan keluarga. Anak yang melihat meskipun tidak banyak berkata-kata menyimpan memori yang apabila Anda jeli mengolahnya akan menjadikan ia memiliki kebiasaan yang baik di masa mendatang. Salah satunya adalah mengajarkan mereka untuk memiliki tabungan rencana dari sisa uang saku ataupun uang yang diberi oleh sanak famili ketika hari besar.

Dengan menunjukkan dan mengajarkan kepada anak kerja keras untuk menghasilkan uang, maka anak akan lebih menghargai uang tersebut. Ajarkan ia untuk tidak menghambur-hamburkan uang dengan membeli mainan yang terlalu sering ataupun menumpahkan makanan. Meskipun Anda tidak memiliki kesulitan dalam hal ekonomi pun, sang anak wajib mengetahui bahwa masih banyak saudara yang tidak seberuntung dirinya yang masih hidup dalam kekurangan.

Dengan mengajarkan menabung sedari kecil, diharapkan anak dapat memiliki rasa untuk:

  • Memperoleh kebutuhannya dari hasil simpanannya sendiri.
  • Menggunakan uang simpanannya untuk membantu orang lain.
  • Memiliki keinginan menghemat uang untuk ditabung.
  • Memiliki rasa tanggung jawab akan kebutuhannya sendiri dan disiplin dalam melakukan sesuatu.

Sebagai orang tua yang ingin anaknya bisa mandiri kelak jika dewasa, maka menabung penting untuk ditanamkan sejak dini apalagi jika Anda juga mau mengajarinya untuk ikut bersama-sama melakukan pekerjaan seperti yang Anda lakukan.

Saat ini banyak orang tua yang mengeluh anaknya menjadi malas atau terlalu bergantung kepada mereka dalam segi finansial. Namun sebenarnya hal tersebut tidak seratus persen menjadi salah anak. Sudahkah Anda sebagai orang tua mengajarkan anak sedari kecil untuk berusaha memenuhi kebutuhannya sendiri dari hal yang paling kecil seperti memiliki tabungan, menyiapkan baju sekolah sendiri, mengambil makanan sendiri hingga mengerjakan PR sendiri tanpa diikutkan bimbingan belajar. Untuk itu jika Anda memiliki anak kecil maka sedapat mungkin ajarkanlah ia untuk memiliki rasa tanggung jawab pada apapun yang ia lakukan dan perlukan agar kelak menjadi pribadi yang mandiri.

Anda bisa memilih bank apa saja untuk tabungan anak anda dengan berbagai pilihan yang sudah sangat banyak seperti sekarang ini, salah satunya adalah lembaga keuangan syariah seperti bank syariah bukopin yang tentunya memiliki produk tabungan syariah terbaik.

Pentingnya Membiasakan Memiliki Tabungan Sedari Kecil Pada Anak-anak | admin | 4.5