Kisaran Harga Cat Tembok yang Berkualitas dan Sehat

Rumah yang bersih, nyaman dan menyejukkan tentu idaman untuk semua orang. Selain kebersihan rumah yang bisa mempengaruhi lingkungan kesehatan di rumah, cat tembok pun juga bisa menjadi salah satu pengaruhnya. Hal ini lantaran kadang beberapa cat tembok menggunakan bahan kimia yang berbahaya sehingga ketika diaplikasikan di ruangan, maka bahan kimia berbahaya itu akan berkumpul di ruangan tersebut sehingga mengganggu kesehatan penghuninya di jangka panjang. Harga cat tembok yang terlalu murah kadang jadi pengaruhnya sehingga kualitas dari cat itu sendiri.

Untuk memastikan jika cat tembok yang Anda pilih itu memang berkualitas dan sehat, maka berikut ini beberapa tips yang perlu Anda ketahui:

1. Pilih cat yang sehat

Isu pertama yang perlu Anda perhatikan adalah dari segi kesehatan. Beberapa cat mengandung kandungan timbal hingga merkuri sebagai bahan dasar pembuatannya. Badan Kesehatan Dunia sudah menyebut jika paparan terus menerus merkuri di tubuh manusia akan menjadikan kontribusi yang besar untuk peningkatan penyakit pada gangguan pernapasan, penurunan kecerdasan pada otak, Alzheimer, kanker dan masih banyak penyakit bahaya lainnya. Untuk dapat mengetahui kandungan yang baik atau buruk di dalam cat tembok, maka bisa diukur dari kadar VOC atau senyawa organik di dalamnya. Biasanya bau menyengat yang muncul setelah cat diaplikasikan adalah tanda bahwa kandungan VOC di dalamnya cukup tinggi. Untuk itu, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan untuk bisa menghindari cat tembok dengan kandungan merkuri di dalamnya.

2. Pilih cat berkualitas

Pasti semua merek cat menyatakan jika mereknya adalah yang paling berkualitas. Meski begitu, jangan sampai Anda terkecoh dengan iklan-iklan ini. Memang hampir semua merek cat menawarkan warna yang indah serta bervariasi. Meski begitu, tidak semua dari produk itu mampu mempertahankan warna yang indah dalam jangka waktu yang lama. Maknanya, hal ini bisa tergantung dari kualitas serta kehebatan masing-masing produk cat itu sendiri. Anda wajib memilih cat tembok berkualitas dimana warnanya tak mudah pudar, selalu terlihat baru sehingga bisa menampilkan keindahan ketika dipandang. Memang harga cat tembok berkualitas ini tidak murah, namun kepuasan pun Anda akan dapatkan. Pada dasarnya, tinggi rendah kualitas pada suatu produk cat tembok ini ditentukan dari bahan resin yang dipakai untuk komponen campuran dasarnya.

3. Pahami cara pakainya

Pastikan untuk selalu membaca peraturan dalam penggunaan cat tembok yang ada di kemasan atau kalengnya. Beberapa tahapan yang perlu Anda ketahui misalnya:

  • Tembok harus sudah kering dan bersih sebelum cat diaplikasikan. Selain itu jamur dan debu juga harus dikelupas dan dibersihkan dulu.
  • Lanjutkan dengan memastikan jika tembok baru wajib betul-betul kering sedangkan tembok yang sudah pernah dicat sebelumnya maka daya lekat yang bagus bisa langsung ditimpa cat baru.
  • Jika tembok lama sudah mengalami pengapuran, maka untuk meratakannya, maka Anda bisa mengamplas tembok lebih dulu sehingga mudah dalam menumpuk dengan cat baru.
  • Dalam pengenceran cat, maka Anda bisa menggunakan 20% air jika untuk lapisan yang pertama dan 10% air pada lapisan yang kedua.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan serius tentang pemilihan cat tembok yang berkualitas dan menyehatkan. Harga cat tembok yang sehat di situs belanja online memang lebih tinggi, meski begitu Anda akan takjub dengan hasilnya nanti karena rumah akan terlihat selalu baru namun tak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Kisaran Harga Cat Tembok yang Berkualitas dan Sehat | admin | 4.5