Ide Usaha Bisnis yang Menghasilkan Uang

Mungkinkah berkembang dan sukses hanya berdasarkan gagasan Anda? Ya-setidaknya dalam apa yang dikenal sebagai “ekonomi kreatif”. Tidak hanya memungkinkan kreatif berkembang dalam sistem ini, namun sistem itu sendiri dibangun di atas pertukaran dan pelaksanaan gagasan mereka.

Penulis John Howkins, yang telah menulis buku tentang ekonomi kreatif selama 15 tahun terakhir, telah mendefinisikan ekonomi kreatif sebagai ekonomi yang “berurusan dengan gagasan dan uang.”

Dalam perekonomian ini, komoditas utamanya adalah imajinasi, kecerdikan, dan inovasi. Semakin seseorang atau organisasi memiliki komoditas ini, semakin tinggi nilai yang mereka berikan. Bandingkan dengan ekonomi manufaktur, dimana faktor utama yang mendorong nilai adalah output, perdagangan, dan permintaan konsumen. Dalam ekonomi kreatif, kekuatan dan keunikan ide usaha Anda lebih penting daripada efisiensi lini produksi Anda.

Mengingat bagaimana organisasi seperti Perserikatan Bangsa – Bangsa dan Bank Pembangunan Antar-Amerika , berusaha untuk menentukan dan mengukur ekonomi kreatif, penting untuk memahami bagaimana cara kerjanya dan peran yang kita mainkan di dalamnya.

1. Publikasikan Konten

Ketika sampai pada gagasan, satu cara untuk membuatnya bersinar adalah dengan menciptakan konten menarik yang menarik bagi audiens target Anda. Konten ini bisa berdiri sendiri untuk membantu Anda membangun diri sebagai pemain serius dalam ekonomi kreatif, atau bisa juga menghasilkan usaha menghasilkan pendapatan sendiri.

Contoh populernya adalah situs Brain Pickings . Writer Maria Popova awalnya memulai situs ini sebagai proyek pribadi untuk teman-temannya, namun akhirnya menjadi salah satu situs terpopuler di web, dan bahkan disertakan dalam arsip permanen arsip Perpustakaan Kongres.

Situs ini menghasilkan pendapatan melalui sumbangan pembaca dan komisi afiliasi dari buku-buku yang ditulis oleh Popova. Meski situsnya bebas iklan, banyak pembuat konten lainnya sering menggunakan iklan untuk menghasilkan uang dari konten mereka.

Selain blog, pembuat konten juga bisa menghasilkan podcast, video, dan media lainnya. Mulailah memproduksi konten Anda sendiri:

2. Buat Problem-Solving Tech Tools

Untuk teknologi yang lebih cenderung, menciptakan penemuan pemecahan masalah atau inovasi merupakan cara terbaik untuk memberi dampak pada ekonomi kreatif. Produk-produk ini seringkali merupakan output dari proses seperti “startup ramping”, yang membutuhkan banyak umpan balik dari pengguna dan iterasi desain, dengan tujuan melepaskan produk dengan cepat ke alam bebas.

Pemecahan masalah kreatif
Buat alat pemecahan masalah ( illustration ).
Inovasi ide usaha kreatif inovatif Anda tidak harus berubah dari dunia – meskipun itu membantu – ini hanya harus memecahkan masalah yang menyakitkan bagi orang lain. Jika Anda menginginkannya menguntungkan, pengguna target Anda harus bersedia dan mampu membayar solusi Anda juga.

Salah satu contohnya adalah Bidsketch , yang membantu para freelancer dan profesional layanan membuat proposal dengan cepat. Contoh lain adalah Slack , aplikasi perpesanan yang telah berkembang begitu populer sehingga digunakan oleh banyak organisasi dari Buzzfeed ke Laboratorium Propulsi Jet NASA, serta tim kami di Envato.

3. Menyediakan Platform untuk Kreativitas Lain

The go-ide dalam ekonomi kreatif biasanya untuk membuat sesuatu sendiri, tetapi juga penting untuk bermitra dengan materi lain dan memberi mereka sebuah platform untuk mempromosikan ide usaha kreatif dan produk mereka. Ini bisa berupa acara berbayar, seperti konvensi, lokakarya, dan diskusi panel. Anda juga bisa mengerjakan penerbitan, promosi, dan pendistribusian akhir karya mereka. Dalam model ini, seperti Anda adalah pemilik galeri atau dealer seni daripada seniman.

Contoh penting termasuk Konferensi Lingkaran , di mana materi iklan menghadiri lokakarya dan diskusi panel, serta jaringan satu sama lain. Ada juga Radiotopia , yang pada dasarnya merupakan jaringan podcast yang terdiri dari produsen independen yang membuat pertunjukan berbasis cerita.

Ide Usaha Bisnis yang Menghasilkan Uang | admin | 4.5