Alat Pelindung Diri Serta Jenis-jenisnya yang Ada Saat Ini

Bagi seorang tenaga kerja yang sangatlah rawan terhadap pada kecelakaan kerja, maka bagi para perusahaan akan memberikan alat pelindung diri atau APD yang berguna untuk melindungi diri bagi para tenaga kerja agar terhindarkan dari kecelakaan kerja yang nantinya akan dialaminya. Sedangkan APD ini merupakan suatu hal yang haruslah diperhatikan dengan sebaik mungkin untuk bisa melindungi dan menjaga pada keselamatan para pekerjanya, terlebih lagi tempat kerjayang memiliki resiko atau potensi kecelakaan yang jauh lebih besar.

Di dalam bekerja tentu tidak akan terhindar dari resiko atau bahaya yang dialaminya, oleh sebab itulah agar Anda terhindar dari kecelakaan kerja, maka alangkah baiknya jika Anda selalu memperhatikan dan selalu menggunakan APD ini dengan sebaik mungkin agar Anda juga mampu untuk meminimalisir dari kecelakaan kerja yang ada di sekitar Anda. Sedangkan pada biasanya kecelakaan kerja pun tidak hanya di rasakan oleh satu orang saja, bahkan para tenaga lainnya pun juga ikut merasakan dampak yang nantinya akan Anda alami, oleh sebab itulah dalam keadaan yang bagaimana pun APD ini tetap Anda gunakan dengan sebaik mungkin.

alat pelindung diri

alat pelindung diri

Berikut ini merupakan jenis alat pelindung diri yang dapat terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu sebagai berikut ini:

Alat pelindung kepala.

  • Topi pengaman atau helmet.

Digunakan untuk melindungi kepala dari adanya bahaya misalnya seperti terjatuh benda-benda maupun terhindar dari aliran listrik.

  • Kacamata pengaman.

Alat ini berguna untuk melindungi mata dari adanya bahaya loncatan benda yang tajam, berdebu, partikel-partikel yang kecil serta mengurangi sinar menyilaukan dan untuk melindungi dari percikan bahan kimia.

  • Masker

Alat ini digunakan untuk melindungi alat-alat pernafasan agar tidak beresiko pada paru-paru pekerja.

  • Penutup telinga atau ear plugs.

Alatinimemilikiperan untuk melindungi telinga dari intensitas suara yang tinggi.

  • Respirator

Digunakan untuk melindungi alat-alat pernafasan.

Alat pelindung badan.

  • Jas laboratorium dan apron.
  • Untuk melindungi diri dari percikan suhu panas atau bahan kimia.

Alat pelindung untuk seluruh anggota tubuh yaitu.

  • Sepatu pelindung.
  • Digunakan untuk melindungi kaki dari benda-benda panas dan melindungi apabila terjatuh benda tajam dan berat.
  • Sarung tangan atau hand gloves.
  • Digunakan melindungi tangan dari kontak bahan kimia atau tergores.

Memang kita tidak akan pernah tahu kapan akan mengalami resiko kerja yang mampu merugikan diri sendiri maupun orang lain, oleh sebab itulah pentingnya untuk selalu memperhatikan pada K3 atau Keselamatan Kerja Karyawan, oleh sebab itulah untuk menjaga keselamatan pun harus Anda perhatikan diri Anda sendiri, agar Anda sebagai pekerja dapat terhindar dari kecelakaan kerja yang mampu memberikan Anda kerugian.

Pentingnya APD ini pun sering kali diabaikan oleh para pekerja yang belum pernah mengalami dan belum pernah merasakan akibat dari resiko bekerja itu sendiri, sehingga tidak jarang bila sebagian tenaga kerja mengabaikan akan hal ini, padahal apabila hal ini diabaikan maka hal ini pun juga akan menimbulkan resiko yang lebih besar lagi yang dapat mengakibatkan resiko yang fatal.

Biasanya dari pihak perusahaan akan memberikan alat pelindung diri ini kepada para tenaga kerjanya menyediakannya, namun apabila dari pihak perusahaan tidak memberikannya, maka Anda dapat untuk membelinya yang bisa Anda beli di toko online yang mana sekarang ini sudah dapat Anda membelinya dengan cara yang mudah dan praktis, sehingga tidak akan membuang-buang banyak waktu dan tenaga Anda.

Alat Pelindung Diri Serta Jenis-jenisnya yang Ada Saat Ini | admin | 4.5