Tips Menangani Kinerja Komputer yang Lambat

Segala pekerjaan atau tugas pasti cepat selesai bila kita menggunakan komputer yang berkualitas. Karena komputer tersebut bisa diandalkan untuk urusan multi tasking tanpa kendala berarti. Kalau kinerja komputer sudah mulai lambat, tentu saja hal tersebut akan membuat pekerjaan kita ikut terhambat.

Jangan kesal dulu menghadapi komputer yang kinerjanya mulai melambat. Beberapa tips berikut ini akan membantu kita menangani kinerja komputer yang lambat secara efektif:

Memeriksa dan Mengganti RAM

Kapasitas memori pada suatu komputer memang bergantung pada spesifikasi Random Access Memory (RAM)-nya. Oleh sebab itu, kita mesti lekas memeriksa RAM komputer dan menggantinya bila RAM tersebut terlalu kecil. Pada umumnya aktivitas standar dengan komputer membutuhkan RAM minimal 2GB. Semakin besar RAM yang digunakan pada komputer, maka semakin maksimal pula kecepatan komputer yang kita gunakan.

Menghapus Program yang Tak Terpakai

Sebaiknya kita tidak melakukan instalasi program pada komputer secara berlebihan. Sebab program tersebut hanya akan memperberat kinerja komputer. Akibatnya, program yang akan kita gunakan tidak bisa berfungsi maksimal. Periksalah semua program yang ada pada komputer kemudian segera hapus (uninstall) program yang tak terpakai. Hal ini akan membuat kinerja komputer kembali cepat karena tak ada program-program berat yang mengganggu.

Menghentikan Sebagian Program yang Sedang Aktif

Ternyata program-program yang sedang aktif saat komputer dinyalakan juga berisiko memperlambat kinerja komputer. Solusinya, ketiklah “msconfig” pada tab run di komputer. Kemudian pilihlah tab service and startup, pada opsi tersebut kita bisa menghentikan program-program yang aktif namun tak terpakai. Sesaat kemudian, kinerja komputer pun akan membaik dan mendukung penyelesaian pekerjaan kita secara maksimal.

Membersihkan File dengan Fitur Disk Cleanup

Tak banyak orang yang sadar bahwa temporary files pada komputer juga dapat mengganggu kinerja komputer tersebut. Jadi, kita wajib membersihkan temporary files tersebut supaya tak menumpuk secara berlebihan. Ketikkan “disk cleanup” pada start kemudian segera jalankan opsi tersebut. Komputer akan membersihkan seluruh temporary files secara otomatis dalam waktu singkat.

Membersihkan Komputer dengan Anti Virus

Serangan virus, malware, dan sejenisnya pada komputer juga bisa mengakibatkan kinerja komputer makin melambat. Sebaiknya kita segera melakukan instalasi program anti virus di komputer. Lakukan proses scan secara menyeluruh untuk membersihkan komputer dari gangguan virus. Kalau virus sudah menyerang sistem, hal terbaik yang mesti dilakukan adalah melakukan instalasi ulang secara keseluruhan.

Pindahkan Dokumen Besar dari Desktop

Tak sedikit orang yang gemar menyimpan dokumen berukuran besar di desktop komputer supaya mudah diakses. Padahal kebiasaan sepele ini akan membebani kinerja komputer. Sebab komputer harus menampilkan isi desktop secara keseluruhan. Alangkah lebih baik bila kita menyimpan dokumen-dokumen besar di folder khusus. Sehingga desktop jadi lebih lega dan akses komputer semakin cepat.

Memeriksa Hardware yang Mengalami Overheat

Kondisi overheat akibat kipas CPU tak berfungsi normal bisa menimbulkan masalah komputer yang serius. Kita harus lekas menangani hal ini supaya tak memperparah kinerja komputer. Bagian CPU harus dibersihkan secara teratur dan kipasnya harus berfungsi dengan baik agar komputer tidak overheat.

 

Jika ingin mengganti komputer atau melakukan upgrade komponen tertentu, kita bisa mengandalkan MatahariMall.Komputer dengan spesifikasi mumpuni pasti dapat mendukung semua pekerjaan kita. Tinggal klik website MatahariMall.com untuk mencari tahu tipe komputer yang kita butuhkan. Memilih komputer berkualitas yang harganya terjangkau jadi tak sulit lagi sejak ada MatahariMall.

Tips Menangani Kinerja Komputer yang Lambat | admin | 4.5