Menghindari Boros Pada Saat Berlibur di Balikpapan 

Liburan sudah berakhir, namun selalu ada kesempatan untuk berlibur di hari lainnya. Menunggu long weekend atau mengambil cuti yang tersisa menjadi pilihan untuk melepas rutinitas pekerjaan. Manfaatkan kesempatan liburan nanti dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata menarik yang ada di Balikpapan. Kota ini memang memiliki tempat wisata yang cukup lengkap, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, rekreasi keluarga, hingga wisata urban.


(sumber : kaltim.procal.co)
Banyaknya tempat wisata yang ada tersebut kadang membuat orang menjadi kalap dan boros dalam berlibur. Perilaku tersebut tentunya tidak baik untuk kondisi keuangan. Agar tidak boros, sebaiknya terapkan beberapa hal di bawah ini.

Membuat Catatan Pengingat

Buat catatan pribadi atau rencana anggaran untuk memberikan gambaran pengeluaran yang mungkin terjadi saat berlibur nanti. Dengan catatan pengingat ini, diharapkan dapat menjadi acuan biaya perjalanan yang akan dikeluarkan nantinya agar lebih efisien.

Mengunjungi Tempat Wisata Terdekat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Balikpapan banyak memiliki lokasi wisata yang menarik. Beberapa tempat wisata favorit yang bisa kunjungi bersama keluarga di antaranya adalah Hutan Bakau Margomulyo, Carribean Island Waterpark, Bukit Bangkirai, aneka pantai, dan lain-lainnya. Agar bisa menghemat bujet yang ada, sebaiknya kunjungi tempat-tempat wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Selain lebih dekat dan hemat, waktu yang dihabiskan di lokasi tersebut tentunya bisa lebih lama.

Perhatikan Waktu

Berlibur dengan waktu terbatas mungkin kurang menyenangkan. Namun dengan terbatasnya waktu, juga bukan menjadi halangan menikmati liburan. Cukup perhatikan waktu yang dihabiskan ketika mengunjungi salah satu tempat wisata. Jangan sampai terlalu lama menikmati keindahan salah satu tempat wisata jika ingin mengunjungi tempat wisata lainnya. Oleh Karena itu, dapat menggunakan alarm sebagai pengingat kapan harus melakukan sesuatu untuk mencapai goals pada liburan terbatas kali ini. Berbelanja Secukupnya
Berlibur ke tempat yang cukup jauh biasanya muncul hasrat untuk membeli oleh-oleh khas daerah setempat untuk keluarga dirumah atau rekan kerja di kantor.

Berbelanja oleh-oleh ini juga kadang bisa membuat seseorang menjadi kalap karena lapar mata. Sebelum berbelanja, sebaiknya pastikan terlebih dahulu barang-barang apa saja yang memang harus dibeli. Anggarkan bujet oleh-oleh ini secukupnya saja agar tidak menjadi boros.

Mencari Penginapan Murah

Jika saat berlibur harus menginap, sebaiknya cari penginapan murah yang berkualitas. Banyak pilihan hotel murah di Balikpapan yang bisa digunakan sebagai tempat singgah seluruh anggota keluarga pada saat liburan. Hotel-hotel tersebut sebagian tergabung di dalam jaringan hotel terbesar di Indonesia, yaitu Airy Rooms. Bukan hanya murah dan terjangkau, tamu yang menginap juga dapat menikmati jaminan fasilitas kamar yang ada, seperti perlengkapan mandi, tempat tidur yang nyaman, AC yang sejuk, hingga pancuran air panas pada masing-masing kamar.


Pemesanan hotel dapat dilakukan lewat situs web Airy Rooms atau melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store dan IOS Apps Store. Pilihan pembayarannya juga cukup lengkap karena dapat menggunakan kartu kredit, transfer antarbank, dan lewat gerai-gerai Indomaret di seluruh Indonesia.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, liburan kali ini pastinya tidak akan boros dan mengganggu keuangan.

Menghindari Boros Pada Saat Berlibur di Balikpapan  | admin | 4.5