Cara Memperbaiki Touchscreen Android Yang Error

Cara Memperbaiki Touchscreen Android – Bagi anda pengguna android lama mungkin pernah mengalami touchscreen error, sebenarnya cara memperbaiki touchscreen android error bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan sangat mudah. Touchscreen sangat mudah error sehingga kamu harus berhati-hati dan menjaga agar layar touchscreen android anda terhindar dari benturan yang cukup keras.

Biasanya masalah error touchscreen android disebabkan oleh anda sendiri, misalkan layar android anda tidak diberikan anti gores. Anti gores sendiri sebenarnya tidak hanya berguna untuk mengatasi goresan pada layar touchscreen handphone anda saja, tetapi juga berguna untuk melindungi hantaman langsung yang cukup keras mengarah ke touchscreen android anda. Maka dari itu, untuk memperbaiki touchscreen android anda silakan kamu pakai anti gores untuk menghindari touchscreen error. Namun apabila android anda sudah terlanjur error touchscreen nya silakan baca dibawah ini cara memperbaiki touchscreen android dengan mudah dan terbaru.


Cara Memperbaiki Touchscreen Android Yang Error

1. Silakan kamu cek terlebih dahulu keadaan ponsel android anda, apabila terjadi keretakan layar sehingga menyebabkan touchscreen anda terganggu tentu saja hal ini tidak bisa diperbaiki kecuali anda mengganti layarnya dengan yang baru.

2. Namun apabila layar kamu tidak mengalami keretakan, tentu hal ini dapat diatas dengan mudah. Caranya silakan kamu pergi ke pengaturan telepon pada android anda, lalu disana anda pilih kalibrasi (calibration).

3. Jika sudah memilih kalibrasi, nanti layar anda akan blank berwarna putih.

4. Pada saat layar anda mengalami blank berwarna putih, tak berselang lama nanti akan muncul notice “klik salah satu layar untuk melakukan kalibrasi”.

5. Klik tepat di tengah titik kalibrasi, maka nanti akan muncul petunjuk untuk menyentuh layarnya. Silakan kamu ikuti saja langkah-langkah yang diberikan sesuai petunjuk tersebut hingga prosesnya selesai.

6. Jika sudah selesai, pengaturan android anda akan kembali ke semula seperti pengaturan awal sebelumnya.

7. Selesai, jika touchscreen anda sudah tidak error kembali berarti android anda tidak mengalami error yang cukup serius. Namun apabila masih error, silakan kamu ikuti cara selanjutnya di bawah ini.

8. Bersihkan terlebih dahulu layar touchscreen handphone android kamu menggunakan lap bersih dan juga cairan pembersih khusus, namun jika kamu tidak memiliki cairan pembersih nya bisa menggunakan minyak kayu putih.

9. Apabila telah selesai, maka layar touchscreen anda akan terlihat bersih dan tetap terjaga kualitasnya.

10. Lalu silakan kamu lakukan factory reset pada smartphone android anda. Nanti semua data pada smartphone android anda akan balik lagi ke semula saat pertama kali beli handphone android. Cara ini sangat ampuh, namun memiliki resiko lebih besar dari cara sebelumnya. Karena semua aplikasi yang terinstall maupun seluruh data seperti nomor handphone yang ada pada android sebelumnya akan lenyap dengan seketika. Jadi, jika anda ingin melakukan cara yang satu ini diharapkan mengcopy data-data ke komputer ataupun tempat penyimpanan lainnya terlebih dahulu, supaya seluruh file yang ada sebelumnya tidak akan terkena format file otomatis.

Cara factory reset tiap handphone android memiliki tombol yang berbeda-beda, silakan kamu coba salah satunya dengan cara menekan salah satu tombol secara bersamaan seperti dibawah ini.
Volume Up + Home + Power
Volume Down + Power
Home + Power

Jika sudah menemukan salah satu tombol yang tepat, nanti akan muncul menu setelah selesai loading. Disana kamu dapat memilih menu wipe data/factory reset dengan menggunakan tombol down dan juga tombol home untuk memilih. Jika sudah memilih silakan kamu pilih lagi Yes Delete All User dan tunggu sampai proses factory reset nya selesai. Apabila telah selesai, nanti handphone android anda akan reboot otomatis dengan sendirinya. Apabila sudah reboot, silakan kamu tunggu sejenak sampai proses reboot nya selesai dan muncul tampilan gadget android anda. Silakan kamu periksa kembali kondisi touchscreen nya, jika sudah tidak mengalami error berarti permasalahan tersebut sudah dapat diselesaikan. Namun jika belum dan masih terjadi error touchscreen nya, berarti itu terjadi akibat kerusakan hardware pada gadget android anda sehingga kamu harus mengganti touchscreen gadget anda dengan yang baru.

Mungkin hanya itulah cara memperbaiki touchscreen android yang error, jika anda mengalami masalah pada saat melakukan reset data/factory reset silakan berkomentar dibawah artikel berikut ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung di blog saya yang satu ini. Semoga berhasil melakukan cara-cara diatas yang sudah saya jelaskan.

Cara Memperbaiki Touchscreen Android Yang Error | admin | 4.5