Mau Liburan Pas Dompet Lagi Tipis-tipisnya? Simak 6 Tips Liburan Murah Ini!

Gagal lagi.. Gagal lagi mau liburan. Biasanya, alasan yang hakiki bagi seseorang membatalkan liburan adalah karena keterbatasan biaya. Ya, sebuah persoalan yang rasanya sering menjadi alasan kebanyakan orang membatalkan rencana liburannya.

Ditambah lagi ada satu hal yang juga kadang membuat gagal rencana liburan, yakni kekhawatiran yang datangnya dari diri sendiri. Padahal kan asal kita ada kemauan kuat dan niat yang pasti, liburan bakal berjalan dengan lancar dan nyaman.

Apalagi, para millenial. Masalahnya ngga hanya berhenti pada dua hal itu saja, tapi juga persoalan sulitnya cari waktu yang pas. Banyak kan masalah yang akan dihadapi sebelum pergi liburan.

Tapi balik lagi, kita harus terima kenyataan kalau masalah finansial adalah masalah krusial. Ngga bakal bisa jalan kalau ngga ada uang.

Sebenarnya, ngga perlu terlalu khawatir dan sampai membatalkan rencana liburan. Karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Itu juga yang harus jadi salah satu penyemangat supaya tetap fokus pada rencana liburan.

Kalau sudah panggilan hati, kendala sesulit apapun pasti akan dengan mudah dilewati. Kan demi mendapatkan kenikmatan liburan yang hakiki.

Nah, ada lho cara untuk tetap bisa merasakan liburan hanya dengan mengeluarkan bujet murah. Apalagi pas dompet lagi tipis-tipisnya. Cari tahu yuk dari deretan berikut ini!


1. Harus tentukan destinasi dari awal

Satu hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan destinasi mana yang akan dituju. Tentu ini adalah langkah penentu bagaimana manajemen pengeluaran kamu selama liburan nanti.

Menentukan destinasi dan tujuan liburan bisa memberikan bayangan yang lebih mudah akan seperti apa nanti bujet liburan kamu. Kalau bisa, demi tetap ramah pada kantong yang sedang tipis-tipisnya, pilih destinasi yang tidak terlalu jauh dan mudah dijangkau.

Maksudnya mudah dijangkau di sini adalah hanya perlu berganti dua kali kendaraan umum untuk sampai di situ. Jadi, tidak perlu menyewa mobil atau perahu yang bisa membuat kantong jebol.

Selain itu, tentukan juga tujuan liburan kamu untuk apa. Apakah untuk wisata kuliner, wisata alam, atau mungkin melakukan wisata tengah kota dan hunting foto. Dengan begitu, kamu akan memiliki tujuan yang jelas selama liburan dan meminimalisir pengeluaran tak terduga.

2. Kumpulkan teman perjalanan yang memiliki kesamaan gaya liburan

Maksudnya gaya liburan di sini adalah bagaimana dia memaknai liburannya, ingin liburan yang terkesan mewah, atau liburan yang santai dan bisa menekan bujet.

Nah, kalau mau liburan saat kantong lagi tipis, baiknya kamu punya gaya liburan hemat atau budget traveling. Dan satu lagi, cari teman seperjalanan yang memiliki gaya liburan yang sejalan.

Pada dasarnya tujuan setiap orang kala liburan kan tidak semuanya sama. Karenanya, kalau dari awal saja kamu dan travel mate sudah beda prinsip soal liburan dan punya visi yang berbeda saat liburan, sudah bisa dipastikan kalau liburan kalian tidak akan berjalan baik nantinya.

Coba supaya terbayang kita buat contoh kasus.

Saat kamu mau mau menjelajah kota dengan transportasi publik dan jalan kaki, akan sangat menyulitkan kalau travel mate kamu ingin kemana-mana menggunakan taksi.

Ketika menginap, saat kamu bisa nyaman tinggal di hostel dengan harga yang terjangkau dan sharing kamar dengan beberapa orang, akan jadi bencana jika travel mate kamu maunya menginap di hotel berbintang.

Sudah bisa terbayang kan pentingnya travel mate dengan gaya liburan yang sejalan?

3. Memilih penginapan dengan lokasi yang strategis

Nah, dengan memilih lokasi penginapan yang strategis bakal jadi keuntungan tersendiri untuk mewujudkan liburan murah meriah saat kantong lagi tipis-tipisnya. Makanya, untuk menekan bujet penting banget buat kamu memilih penginapan yang lokasinya strategis.

Misal kalau kamu mau liburan ke Kota Hujan, coba pilih hotel murah di Bogor yang dikelilingi dengan objek wisata yang jaraknya masing-masing bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Kalau begitu kan tidak perlu mengeluarkan ongkos yang banyak selama liburan kan.

Jangan lupa juga untuk bandingkan harga hotel terbaik yang bisa dilakukan di Reservasi.com.

4. Jadilah oportunis dengan harga promo

Harga promo yang dimaksud di sini adalah harga promo apapun. Bisa harga promo tiket pesawat, harga promo pemesanan hotel, hingga promo untuk paket tur yang disediakan di destinasi yang akan dituju.

Biasanya, untuk bisa mendapatkan promo ini dan tidak ketinggalan info, kamu harus rajin mengecek akun media sosial resmi pihak terkait. Bisa juga dengan men-subscribe dan mengikuti newsletternya.

Jangan meremehkan kekuatan harga promo karena dengan ini kamu akan bisa lebih mudah menekan bujet dan mewujudkan liburan impian dengan bujet terbatas.

5. Mengatur keuangan dengan matang dan tepat

Kelancaran sebuah perjalanan liburan tentu saja dipengaruhi oleh matangnya rencana keuangan yang dibuat. Dengan itu, kamu bisa liburan dengan bujet yang pasti dan terkendali.

Keuangan yang direncanakan dengan tepat juga bisa meminimalisir adanya pengeluaran tak terduga. Selain itu, dengan keuangan yang teratur, perjalanan akan bisa dinikmati dengan maksimal.

Mau Liburan Pas Dompet Lagi Tipis-tipisnya? Simak 6 Tips Liburan Murah Ini! | admin | 4.5