Cara Menghemat Kuota Internet

Cara menghemat kuota internet atau data dengan cara terbaru dan mudah di hp android, cara menghemat kuota internet pada handphone dan modem ini memang lagi dicari oleh banyak orang agar mereka tidak perlu membeli kuota terus menerus dalam rentan waktu yang singkat akibat pemakaian kuota yang boros.

Dapat kita bayangkan jika pemakaian kuota data internet semakin cepat speed koneksinya maka semakin boros pula data kuota internet kita, sehingga kita harus mengisi kembali kuota internet dengan biaya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan paket wifi unlimited perbulannya. Lantas bagaimana cara menghemat kuota internet ? ya salah satunya cara yaitu kamu harus mengoprek handphone kamu agar dapat menghemat pemakaian data dan kamu juga dapat memakai browser yang hemat memori. Untuk selengkapnya, silakan kamu lihat cara menghemat kuota internet dibawah ini.

[ baca juga : cara daftar akun wifi.id gratis ]

Cara Menghemat Kuota Internet

1. Jika anda menggunakan browser Chrome, silakan aktifkan data saver pada bagian setting browser chrome. Untuk dapat mengaktifkan fitur ini silakan pergi ke menu Settings > Data Saver > On. Dengan cara ini kamu dapat menghemat kuota internet hingga 50% pada handphone.

2. Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya. caranya yaitu masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit lalu tap/tekan untuk mengaktifkannya. Gunanya yaitu untuk memberitahukan anda apabila pemakaian kuota telah melebihi batas agar pulsa anda tidak tersedot otomatis apabila tiba-tiba kuota yang sedang dipakai habis.

3. Jangan nyalakan akun yang tersinkron pada handphone, caranya yaitu masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang mau kamu matikan sinkronisasinya. Cara ini berguna agar aplikasi tersebut tidak dapat tersambung pada internet dengan sendirinya.

4. Cegah aplikasi terupdate sendiri di google playstore, silakan kamu masuk ke menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only. Cara ini berguna agar aplikasi kamu tidak mengupdate secara otomatis dengan sendirinya. Karena jika update disembarang tempat, kemungkinan sinyal terputus akan semakin besar. Maka dari itu gunakan cara ini agar aplikasi pada hp kamu tidak update dengan sendirinya.

5. Force close aplikasi (online) yang tidak penting pada handphone. Karena jika aplikasi tidak diberhentikan, maka kuota data internet anda akan berkurang sedikit demi sedikit. Kamu dapat memberhentikan aplikasinya dengan cara masuk ke Settings > Apps > “pilih aplikasinya” > Force Close.

6. Uninstall aplikasi yang bersifat online yang tidak perlu untuk sementara, supaya hp anda lebih ringan kembali pemakaian kuota internetnya, untuk menguninstall aplikasi nya kamu dapat pergi ke Settings > Apps > “pilih aplikasinya” > Uninstall. Dengan cara ini maka aplikasi di ponsel kamu wajib dihapus yang tidak penting saja agar bisa lebih hemat kuota internetnya.

7. Batasi penggunaan data pada background handphone, caranyanya kamu masuk ke Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Hal ini berguna untuk aplikasi yang menggunakan data dan berjalan di background handphone. Serta kamu harus sabar untuk menunggu notifikasi yang sering terlambat datang.

Itulah cara menghemat kuota internet terbaru, dengan cara-cara diatas kamu dapat menghemat sedikit demi sedikit kuota internet di handphone kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Menghemat Kuota Internet | admin | 4.5