Cara Menggunakan Motor Baru yang Benar Agar Mesin Tetap Halus

Sepeda motor adalah alat transportasi yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat kita, sehingga dapat kita lihat bahwa jalanan selalu dipenuhi dengan kendaraan beroda dua tersebut. selain memang harganya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil, motor juga dapat membantu anda menembus kemacetan yang ada.Namun juga tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab dari kemacetan adalah jumlah motor yang sangat banyak tersebut. Sekarang ini kepemilikan akan motor sudah menjadi salah satu gaya hidup di masyarakat. Sehingga setiap orang tentunya ingin memiliki motor baru dengan yang juga merupakan keluaran varian terbaru dari sebuah merek kendaraan bermotor. Namun sudah tahukah anda bagaimana cara menggunakan kendaraan bermotor yang baru anda beli tersebut, agar kinerja mesin menjadi halus. Karena banyak sekali kendaraan bermotor yang notabene masih baru namun kualitas dari kinerja mesin yang kurang optimal atau kasar karena salah penggunaan pada waktu pertama kali. Ada kiat-kiat khusus yang harus dilakukan agar kualitas dari mesin kendaraan bermotor yang barusan dibeli tersebut optimal dengan kualitas yang bagus.

Cara penggunaan yang benar ini harus dimulai dari pertama kali sepeda motor tersebut datang hingga sekitar satu bulanan atau minimal dua mingguan. Hal ini dimaksudkan agar mesin motor menyesuaikan pada saat pertama kali digunakan. Namun sebelum sepeda motor tersebut dicoba pertama kali, maka perlu untuk diperiksa pada beberapa hal seperti di bawah ini:

  1. Periksa bahan bakar.
  2. Periksa tekanan angin.

Sebelum mencoba sepeda motor untuk pertama kalinya, maka pastikan bahwa bahan bakar tidak dalam kondisi kosong. Hal ini agar mesin tidak dipaksa bekerja dalam keadaan tanpa bahan bakar. Selain itu juga sangat penting untuk memeriksa tekanan angin pada ban. Karena tekanan angin ingin akan mempengaruhi kinerja mesin motor atau lebih tepatnya mempermudah pada saat motor dijalankan.

motor-baru

Kedua hal di atas sangat perlu dilakukan mengingat tidak ada jaminan perlakukan yang baik pada motor pada saatberada di dealernya. Sehingga perlu pemiliknya langsung yang harus memeriksanya terlebih dahulu.Agar kualitas mesin motor baru tersebut menjadi baik, maka perlu anda lakukan beberapa hal di bawah ini selama beberapa hari pertama:

  1. Selalu panasi sebelum dipakai.
  2. Jangan dinaiki lebih dari satu orang.

Usahakan selalu panasi kendaraan bermotor anda selama beberapa saat sebelum dipakai untuk melakukan perjalanan, hal ini agar oli pada mesin dapat menyebar secara menyeluruh pada saat mesin pertama kali dihidupkan. Selain itu selama sekitar satu bulan atau minimal dua mingguan, usahakan tidak menggunakan motor tersebut untuk dinaiki lebih dari satu orang dewasa. Karena hal tersebut akan memaksa mesin bekerja terlalu keras padahal masih dalam masa penyesuaian.

Hal-hal seperti di atas tersebut sebenarnya selalu disarankan oleh pihak dealer ataupun bengkel resmi, namun kadang kala pemilik motor tersebut tidak terlalu memperhatikannya atau justru malah tidak peduli akan hal tersebut padahal ini akan mempengaruhi dari kualitas kerja mesin. Selain itu pemilik motor juga sangat disarankan untuk melakukan beberapa hal di bawah ini agar kualitas kinerja mesin semakin bagus:

  1. Gunakan akselerasi kecepatan secara bertahap.
  2. Ganti oli mesin pada 500 km pertama.

Selama sekitar satu bulan atau minimal dua mingguan tersebut, gunakan akselerasi kecepatan secara bertahap, hal ini dilakukan agar mesin dapat bekerja pada kapasitas maksimal pada akhirnya. Selain itu pemilik motor baru juga harus segera mengganti oli mesin pada saat speedometer menunjukkan angka 500 km dan biasanya akan disarankan dilakukan pada bengkel resmi dari merek motor tersebut.

Cara Menggunakan Motor Baru yang Benar Agar Mesin Tetap Halus | admin | 4.5