Cara Memberi Password Pada Folder

Cara memberi password pada folder atau file tanpa software di komputer / PC. Cara memberi password pada folder yang akan saya share di artikel ini bisa dibilang mudah dipraktekan. Saya share cara ini agar kalian juga bisa memberikan password pada folder ataupun file, karena saat ini banyak sekali orang yang mencari tahu bagaimana membuat password di folder dengan tujuan ingin memberi password pada folder. Yaitu agar isi yang terdapat di folder tersebut dapat terjaga dari tangan-tangan jail karena mereka tidak bisa membuka folder tersebut.

[ baca juga : cara memberikan password di flashdisk ]

Sebenarnya ada banyak cara memberi password pada folder, namun cara ini harus dibutuhkan software pendukung agar dapat membuat password di folder. Maka dari itu saya akan share bagaimana cara memberi password pada folder tanpa software “hanya menggunakan program bawaan windows saja”. Berikut ini adalah cara memberi password pada folder, silakan anda baca cara-caranya dibawah ini.

Cara Memberi Password Pada Folder

1. Silakan anda buka script yang sudah tersedia disini : Script Folder Lock. Jika sudah dibuka, silakan anda copy dan pastekan script tadi ke notepad pada komputer anda.

2. Jika sudah dipastekan pada notepad, silakan anda cari tulisan “masukanPassword” pada script di notepad. Jika sudah ketemu tulisan tersebut, silakan anda ganti tulisan “masukanPassword” menjadi password yang anda inginkan. Contohnya seperti “1234567890” dan lain sebagainya.

[ baca juga : cara membuat password di winrar ]

3. Apabila telah menginput password baru di script notepad tadi, silakan kamu simpan/save notepad tersebut dalam format “.bat” (tanpa kutip). Contohnya misalkan privasi.bat, protect.bat atau lainnya sesuka anda memberi nama file .bat dan sebagai contoh silakan anda lihat gambar dibawah ini.

4. Selanjutnya silakan kamu klik 2 kali nama file .bat yang baru saja anda buat agar muncul sebuah folder baru yang bernamakan folder “Locker”. Nah pada folder Locker inilah kamu dapat menyimpan data-data dan file-file rahasia agar dapat disimpan secara aman.
5. Masukkan file-file rahasia kamu di folder Locker. Jika sudah anda dapat mengunci dan menyembunyikan folder Lockernya dengan cara klik 2 kali file .bat yang sudah anda buat tadi, kemudian tekan Y untuk mengunci dan N untuk membatalkan.
Ini adalah hasil foto program .bat yang versi bahasa inggris, namun anda jangan khawatir karena saya telah membuat programnya ke bahasa indonesia agar lebih mudah dipakai. Silakan anda coba script dari saya yang sudah saya share di cara nomor satu.
6. Untuk dapat membuka serta menampilkan folder nya kembali, anda hanya perlu mengklik 2 kali file .bat yang anda buat tadi, kemudian kamu masukkan password yang tadi sudah di setting pada notepad.
Itulah cara memberi password pada folder, jika kamu mengalami kesulitan silakan tanyakan pada saya agar saya dapat membantu anda dalam menyelesaikan problem program .bat di artikel ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cara Memberi Password Pada Folder | admin | 4.5