Waspadai Terkena Alergi Pada Si Kecil

Saat bayi masih berada dalam kandungan, sumber kekuatannya ada pada ibunya. Ibunya makan makanan sehat dan hidup dengan relaks akan membuat janin yang dikandungnya juga tumbuh sehat dan bahagia. Namun, perjuangan tentu belum selesai bahkan setelah bayi terlahir. Bayi adalah makhluk yang masih sangat lemah, sehingga pertahanan tubuh mereka juga begitu lemah. Kita perlu perlindungan ekstra seperti selalu membuat bayi tetap hangat, memberikan Asi, hingga menjaganya agar terhindar dari alergi. Ya, alergi adalah salah satu hal yang kerap terjadi pada bayi dengan berbagai gejala alergi pada bayi berbeda – beda.

alergi-bayi

Apa saja gejala yang dapat kita lihat jika bayi terkena alergi?

  1. Kulit kemerahan adalah gejala yang paling umum terjadi, terutama jika kulit bayi sangat sensitif. kulit yang sensitif ini akan berdampak pada perubahan warna kulit bayi yang biasanya akan memerah seperti kepiting rebus. Alergi pada kulit bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti bayi alergi terhadap cuaca panas, alergi terhadap deterjen, hingga alergi terhadap bahan pakaian.
  2. Diare hingga muntah – muntah juga menjadi salah satu gejala alergi, terutama berhubungan dengan saluran pencernaan. Biasanya, saat anak tidak cocok dengan susu yang dikonsumsinya, maka kemungkinan muncul gejala alergi pada bayi seperti diare dan muntah bisa terjadi.
  3. Batuk dan bersin dapat terjadi jika anak atau bayi alergi terhadap udara hingga debu.

Untuk mencegah munculnya alergi ini, maka anda harus menjauhkan penyebab alergi pada bayi. Misalnya, pilihlah jenis kain yang lembut dan tidak menyebabkan alergi pada kulit bayi. Anda juga dapat memilih deterjen cuci khusus untuk bayi dan jika bayi alergi terhadap pewangi pakaian, sebaiknya hindari memberikan pewangi pada pakaian bayi.

Jika terjadi alergi pada bayi maka anda bisa memberikan alternatif lain dengan memberikan susu kedelai. Atau jika anak tidak cocok dengan merek susu tertentu, anda bisa mencoba berkonsultasi pada dokter untuk memilih merek susu formula lainnya.

Jagalah bayi anda dari cuaca yang bisa membuatnya alergi. Misalnya, tetap pastikan tubuhnya hangat dengan menggunakan baju hangat jika bayi anda alergi dingin.

Waspadai Terkena Alergi Pada Si Kecil | admin | 4.5