Tips Membeli dan Menyewa Rumah di Bandung

Advertisement

Bandung Lautan Api, sejarah tentang pembumihangusan Bandung agar tidak diduduki Belanda kini tinggal kenangan. Bandung kini berkembang menjadi kota metropolitan yang memadukan sejarah dan pesatnya kemajuan teknologi. Bangunan-bangunan bersejarah sebagian masih dipertahankan.

Namun gedung-gedung menjulang, pusat perbelanjaan, bangunan pencakar langit yang berfungsi sebagai pusat perkantoran serta rumah dalam berbagai desain menunjukkan bahwa Bandung tidak ketinggalan zaman.

Sebagai kota wisata dan kota tujuan pelajar menuntut ilmu Bandung harus siap menampung penduduk melalui berbagai hunian, rumah salah satunya. Hampir di setiap wilayah Bandung dapat ditemukan rumah. Peminat rumah tinggal memilih lokasi mana yang diinginkannya. Selisish harga jual dan sewa antara satu rumah dan rumah lain di Bandung bisa sangat jauh berbeda tergantung pada lokasi.


Faktor berikutnya dalam mempertimbangkan pembelian rumah adalah kredibilitas developernya. Developer dengan reputasi baik seharusnya memiliki perhatian terhadap aspek legalitas. Hal tersebut ditunjukkan dengan kelengkapan sertifikasi seperti IMB, pembayaran pajak dan legalitas pertanahan lainnya.

Faktor fasilitas umum merupakan faktor yang tidak dapat diabaikan. Rumah dijual di Bandung tanpa fasilitas umum akan mengurangi kenyamanan penghuninya. Sebaliknya rumah yang fasilitas umumnya lengkap akan menambah nilai jual unitnya. ketersediaan lahan parkir yang memadai, ATM centre, pertokoan atau mall di superblok, musholla adalah fasilitas umum yang biasanya harus tersedia pada sebuah rumah.

Faktor kegunaan unit adalah salah satu faktor yang menjadi bahan pertimbangan peminatnya. Apakah memutuskan untuk membeli atau menyewa. Rumah yang terletak di lokasi strategis, mudah diakses dari segala penjuru kota dan fasilitas umumnya sangat lengkap memiliki nilai investasi tinggi. Sehingga lebih banyak yang berminat membeli dengan pertimbangan menyimpan investasi menguntungkan. Jika berniat tinggal di Bandung sementara waktu untuk urusan bisnis atau menuntut ilmu maka biasanya peminat unit hanya menyewa rumah.

Agar lebih memudah berburu rumah yang diinginkan ada baiknya mengumpulkan informasi penawaran rumah dari berbagai developer. Langkah berikutnya adalah melakukan pengamatan langsung untuk membandingkan iklan dengan kondisi nyata agar tidak menyesal ketika memutuskan membeli atau menyewanya.

Advertisement
Tips Membeli dan Menyewa Rumah di Bandung | admin | 4.5