Sewa mobil Jakarta ke Museum Kebangkitan Nasional

Advertisement

Sewa mobil Jakarta Lebih mudah lewat Marketplace rental mobil Docar. Era kebangkitan nasional merupakan era yang penting dalam sejarah pergerakan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Untuk melengkapi pemahaman kita mengenai era kebangkitan nasional, di Jakarta terdapat Museum Kebangkitan Nasional. Museum ini merangkum sejarah kebangkitan nasional di Indonesia dan menjadi salah satu rekomendasi tempat tujuan wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi. Walaupun tidak seterkenal museum lainnya di Jakarta, namun sangat penting jika Anda menambahkannya dalam daftar tujuan.

Museum Kebangkitan Nasional terletak di jantung Jakarta, tepatnya di Jalan Abdul Rahman Saleh No 26. Jika Anda mencari alamatnya melalui aplikasi, Anda bisa menemukannya tidak jauh dari Pasar Senen Jakarta Pusat. Bangunan museum ini merupakan bangunan tua yang dibangun pada tahun 1899. Pada masa itu, bangunan Museum ini merupakan gedung STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Arsten) yang diresmikan pada bulan Maret 1902. STOVIA adalah sekolah kedokteran pribumi yang kemudian pindah ke Salemba.

Sekilas Tentang Museum Kebangkitan Nasional

Di buku-buku sejarah Indonesia, Anda tentunya akan dengan mudah menemukan apa yang dimaksud dengan era kebangkitan nasional dan siapa saja tokoh-tokohnya. Nah, Museum Kebangkitan Nasional akan memudahkan Anda untuk memahami tokoh-tokoh di era penting tersebut dan apa saja sumbangsih mereka terhadap tonggak kebangkitan Indonesia. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda temukan di Museum Kebangkitan Nasional.

  1. Sejarah Boedi Oetomo

Boedi Oetomo atau merupakan organisasi pemuda modern pertama di Indonesia yang didirikan pada 20 Mei 1908. 20 Mei, hari kelahiran Boedi Oetomo kemudian diperingati bersama sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Di dekat pintu masuk Museum Kebangkitan Nasional, Anda akan mendapati patung R. Soetomo atau Dokter Soetomo seorang lulusan STOVIA yang menjadi salah satu pendiri dan orang penting yang menggerakkan Boedi Oetomo.

  1. Kebangkitan Pendidikan Indonesia

Selain Boedi Oetomo, Anda juga harus mengenal Ki Hajar Dewantoro atau RM Soewardi Suryaningrat yang patungnya terdapat di museum ini. Bapak Pendidikan Nasional yang hari kelahirannya diperingati sebagai hari pendidikan memegang peranan penting dalam kebangkitan pendidikan di tanah air. Pendiri Taman Siswa ini dikenal dengan semangat pendidikan Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri HAndayani.

  1. Kebangkitan Perempuan Melalui Kartini

Di Museum Kebangkitan Nasional juga terdapat instalasi RA Kartini bersama murid-muridnya. Kartini dikenal sebagai cikal bakal pendorong kemajuan perempuan di Indonesia. Tanpa perjuangan Kartini, mungkin perempuan Indonesia menjadi warga negara terbelakang yang minim akses pendidikan dan pengetahuan. Hari Lahir Kartini setiap 21 April merupakan Hari Kartini yang menjadi momentum peringatan emansipasi perempuan.

Selain tokoh-tokoh kebangkitan nasional diatas, Museum Kebangkitan Nasional juga menyimpan koleksi-koleksi lain yang penting dalam sejarah Indonesia. Diantaranya adalah miniatur kapal Portugis yang masuk ke Kepulauan Indonesia untuk mencari rempah-rempah. Era perdagangan rempah pada abad 14 menjadi jalan masuk kolonialisme di Indonesia. Dimana bangsa-bangsa asing berebut menguasai sumber daya alam di Indonesia yang begitu berlimpah.

Ada banyak hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di Museum Kebangkitan Nasional, seperti informasi mengenai Perang Diponegoro yang begitu fenomenal. Anda bisa mengunjungi museum ini dengan lebih mudah dan fleksibel bersama keluarga atau siswa-siswa Anda menggunakan jasa sewa mobil Docar. Docar adalah jasa rental mobil Jakarta terpercaya yang memiliki pelayanan terbaik dengan banyak pilihan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, juga tersedia di banyak kota antara lain Solo, Malang dan Bali. Cukup kunjungi docar.co.id untuk memilih waktu dan jenis layanan yang dibutuhkan.

Museum Kebangkitan Nasional bisa memberikan informasi mengenai gambaran sejarah era kebangkitan Indonesia, seperti hadirnya Boedi Oetomo, Ki Hadjar Dewantoro dan RA Kartini.

Advertisement
Sewa mobil Jakarta ke Museum Kebangkitan Nasional | admin | 4.5