Cara Mengetahui Kondisi Hardisk Laptop Murah yang Akan Dibeli

Advertisement

Memiliki permasalahan pada laptop dapat sangat menganggu kegiatan Anda. Apalagi laptop tersebut digunakan untuk kepentingan sehari-hari seperti belajar dan bekerja. Salah satu komponen laptop yang paling vital adalah harddisk. Di harddisk lah kita menyimpan berbagai data maupun program sehingga apabila terjadi kerusakan akan sangat mengganggu terlebih jika kita tidak memiliki cadangan atau back-up dari data-data tersebut. Untungnya harddisk termasuk perangkat keras yang dapat dilepas dan diganti secara mandiri. Sembari servis harddisk , kita dapat membeli sebuah hardisk laptop murah sebagai pengganti sementara ataupun harddisk permanen jika harddisk kita tadi tidak dapat digunakan kembali.

Harga harddisk laptop dengan kondisi baru umumnya tidak banyak mengalami perbedaan. Harga beli dari distributor yang memberikan patokan harga sama menjadi sebab kisaran harga harddisk baru yang tidak banyak berbeda. Mungkin terdapat selisih harga dari satu toko dengan toko lain namun kisarannya tidaklah banyak antara Rp. 5000 – Rp. 15.000. Namun jika Anda menemukan toko yang menawarkan harddisk laptop baru dengan harga yang jauh lebih murah, jangan dahulu membelinya. Hal ini disebabkan karena ada beberapa kondisi harddisk dinyatakan baru, yang mungkin tidak dijelaskan penjual toko kepada Anda.

Kondisi harddisk “baru” yang ditawarkan dengan harga murah bisa saja termasuk dalam salah satu kondisi seperti di bawah ini:

  1. Harddisk Refurbish

Harddisk refurbish adalah harddisk yang mengalami sedikit reparasi karena mempunyai sedikit kerusakan. Sebetulnya harddisk ini memang baru, namun karena adanya kerusakan tertentu tidak lolos uji kelayakan edar oleh produsennya sehingga dilakukan perbaikan. Setelah diperbaiki biasanya harddisk jenis ini dijual kembali dengan harga yang lebih murah dengan masa garansi yang lebih singkat. Harddisk refurbish memang tidak selalu jelek kualitasnya setelah dilakukan perbaikan, jika Anda beruntung mungkin Anda akan menemukan harddisk refurbish dengan performa yang tak kalah dari harddisk baru aslinya.

  1. Harddisk Rekondisi

Harddisk rekondisi adalah harddisk second atau bekas yang telah disulap atau dikondisikan menjadi baru. Cara menyulap harddisk second ini ada beberapa cara mungkin dengan memberi label dan kemasan palsu. Biasanya pembeli akan diberikan garansi namun bukan garansi resmi melainkan garansi toko.

Agar Anda tidak mendapatkan hardisk laptop asus murah dengan kondisi di atas, Anda harus lebih jeli dalam pembeliannya. Cari informasi di berbagai media maupun dari teman ciri-ciri harddisk refurbish, biasanya beda merk beda pula cirinya. Pada merk tertentu mencantumkan dengan jelas status “Certified Repaired” atau “Recertified” dengan warna garis tepi yang dibuat berbeda dengan versi baru aslinya atau tanpa garis tepi.

Perlu Anda ketahui bahwa harddisk refurbish bukanlah harddisk rekondisi karena harddisk tersebut belum pernah dipakai dan diperbaiki oleh pabrik yang membuatnya. Namun dari pihak produsen sendiri tidak memberikan jaminan bahwa harddisk tersebut akan dapat bekerja dengan performa yang sama dengan harddisk baru yang lulus persyaratan edar. Jika Anda tidak bermasalah dengan adanya resiko tersebut maka membeli harddisk refurbish dapat menjadi alternatif. Untuk harddisk rekondisi sebaiknya dihindari dengan cara membeli dari toko-toko perangkat keras komputer yang terpercaya. Mintalah garansi resmi jika dari pihak penjual menyatakan bahwa harddisk tersebut asli atau baru.

Membeli hardisk laptop murah selain dapat digunakan sebagai main harddisk atau harddisk internal di dalam laptop, juga dapat digunakan sebagai back up data atau harddisk eksternal. Namun Anda harus membeli chasing harddisk eksternal sebagai konektor agar dapat terhubung melalui port USB.

Recent search terms:

Advertisement
Cara Mengetahui Kondisi Hardisk Laptop Murah yang Akan Dibeli | admin | 4.5