Cara Mengatasi Komputer Lemot

Advertisement

Cara mengatasi komputer lemot laptop atau PC anda mungkin pernah lemot saat menjalankan berbagai aplikasi, multi tasking dan lain sebagainya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer atau laptop lemot, yakni dari segi hardware dan segi software. Apabila penyebabnya adalah dari segi hardware, anda terpaksa membeli barang baru atau istilah keren nya yaitu lem biru ( lempar beli yang baru ). Tetapi jika yang bermasalah nya berada pada segi software, maka anda tidak perlu membeli barang baru. Karena kamu bisa memperbaiki masalah tersebut dengan cara-cara yang sangat sederhana agar komputer atau laptop anda dapat pulih seperti sediakala.

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Untuk dapat mengatasinya, anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini dengan baik dan benar, simak langkah-langkahnya.

Baca juga : cara cepat mengetik 10 jari pada keyboard

Cara Mengatasi Komputer Lemot

1. File sampah yang terlalu besar
Saat anda berselancar pada internet atau istilahnya browsing maupun streaming, maka komputer anda akan menyimpan file-file sampah yang berasal dari anda pada saat mengakses situs-situs di internet. File-file sampah tersebut biasanya tersimpan pada folder temp. Jika folder temp anda sudah semakin besar ukurannya, maka komputer atau laptop anda akan semakin lemot pada saat anda jalankan. Nah, jika sudah lemot laptop atau komputer anda, silakan anda gunakan CCleaner. CCleaner dapat anda download di google, jika sudah kamu download dan install silakan buka CCleaner nya lalu klik analyze dan tunggu prosesnya hingga selesai. Jika sudah selesai, silakan kamu bersihkan folder temp dengan cara klik tombol run cleaner.
2. Terlalu banyak aplikasi yang terpasang pada komputer atau PC
Jika komputer atau laptop anda terdapat banyak sekali aplikasi, itu dapat menyebabkan laptop atau komputer anda semakin lemot loading nya. Maka dari itu, untuk dapat mempercepatnya kembali kamu harus menguninstall beberapa aplikasi yang terdapat di komputer atau laptop agar dapat meringankan kapasitas yang ada di taskmanager. Jika kamu tidak ingin menghapus aplikasi tersebut kamu dapat menonaktifkan (disable) aplikasi tersebut menggunakan CCleaner. Caranya buka CCleaner, lalu pilih tab tool, kemudian startup dan silakan kamu pilih aplikasi mana saja yang mau dinonaktifkan ( yang tidak terlalu penting dan jarang sekali digunakan aplikasi tersebut ).
3. Spesifikasi yang rendah pada komputer atau laptop
Sebelum kamu menggunakan aplikasi, sebaiknya kamu lihat di persyaratan aplikasi tersebut. Apakah laptop atau PC kamu sudah memenuhi persyaratan spesifikasi tersebut agar dapat menjalankan aplikasi dengan lancar jaya
4. Kerusakan komponen komputer
Apabila terjadi kerusakan komponen komputer, lebih baik kamu langsung membeli hardware baru saja. Apabila kamu mau nya di service hardware tersebut, tetapi hardware tersebut sudah tua dan sudah ketinggalan jaman. Maka dari itu saya menyarankan anda untuk langsung membeli barang yang baru sekalian saja agar terjamin kualitas nya dan memakai produk yang lebih baru.
5. Komputer atau laptop terinveksi virus
Jika laptop kamu sudah terserang virus, maka kamu dapat menggunakan anti virus untuk menscan isi data pada komputer atau laptop agar virus yang ada di dalam memori dapat tertangkap dan tidak bersarang di folder-folder yang ada pada memori komputer atau laptop kamu.
Itulah cara mengatasi komputer lemot atau lola ( loading lama ), sebenarnya untuk kamu yang mau mengatasi komputer lemot dapat dilakukan dengan cara sederhana yaitu rajin-rajin scan folder sampah menggunakan CCleaner agar PC atau laptop anda tidak lemot. Semoga cara diatas dapat berguna, dan selamat mencoba cara-cara yang sudah saya jelaskan di atas. Jika ada yang mau ditanyakan, silakan kamu komentar pada artikel di bawah ini.
Advertisement
Cara Mengatasi Komputer Lemot | admin | 4.5