Cara Mengatasi Blog Tidak Bisa Diakses Tanpa WWW

Advertisement

Cara mengatasi blog tidak bisa di akses tanpa www, custom domain anda sepertinya ada kekurangan saat di setting sehingga custom domain blog tidak bisa di akses tanpa www. Blog ini berplatform blogspot.com sehingga jika menggunakan custom domain, harus di setting pengalihan terlebih dahulu agar bisa di akses baik itu dengan www maupun tidak menggunakan www. Jika user mengetikan www.caraiki.com pasti akan muncul blog ini, tetapi jika user hanya mengetikan caraiki.com yang muncul nanti adalah halaman error 404.

[ baca juga : cara memilih nama domain yang keren ]

Sungguh disayangkan apabila blog kita tidak bisa di akses tanpa www, karena banyak orang yang mengunjungi situs-situs dengan mengetikan namadomain.com saja dan jarang sekali pengunjung blog itu mengetikan www di depan namadomain.com nya. Permasalahan ini pernah saya alami dan dampaknya yaitu pengunjung berkurang karena ia tidak bisa mengakses tanpa www, maka dari itu saya akan memberitahukan cara mengatasi blog yang tidak bisa di akses tanpa www di custom domain anda.

Cara Pertama

  1. Silakan anda masuk ke Control Panel dimana anda membeli domain tersebut.
  2. Kemudian anda klik menu Setting DNS / DNS Manage (nama ini bisa beda dari penyedia domain yang satu dengan yang lainnya pada control panel mereka).
  3. Carilah host yang ada tanda “@”,”www” dan lain-lain di daftar dns record. Jika sudah ketemu, coba anda membuat host baru seperti gambar di bawah ini.
  4. Jika sudah membuat Host baru seperti itu, silakan tunggu beberapa jam hingga domain anda bisa di akses walaupun tanpa menggunakan www. Karena nanti akan otomatis di alihkan ke www, contoh saat saya mengetikan caraiki.com maka saat di enter akan otomatis menuju ke www.caraiki.com.
Cara Kedua
  1. Masuk ke Setting/Setelan pada blog anda.
  2. Pilih menu Basic/Dasar.
  3. Klik Edit pada bagian Publishing/Penerbitan dan pastikan pada tulisan Alihkan caraiki.com ke www.caraiki.com sudah tercentang seperti contoh gambar di bawah ini.

  4. Jika belum tercentang, silakan anda centang dan klik Simpan.
  5. Tunggu beberapa saat hingga domain anda bisa di akses tanpa www
Itulah cara mengatasi custom domain blog yang tidak bisa di akses tanpa www, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jika ada yang mau ditanyakan silakan kamu berkomentar pada artikel dibawah ini.

Advertisement
Cara Mengatasi Blog Tidak Bisa Diakses Tanpa WWW | admin | 4.5