Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Di Komputer

Advertisement

Sering sekali flashdisk tidak terbaca dan rusak, maka dari itu saya share cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di komputer dan notebook atau laptop. Flashdisk tidak terbaca merupakan masalah yang paling sering di alami oleh siapa saja.

flashdisk-tidak-terbaca

Baik flashdisk yang baru beli dan memiliki kondisi masih baru maupun flashdisk yang sudah lama biasanya sering sekali mengalami masalah flashdisk tidak terbaca. Biasanya permasalahan flashdisk tidak terdeteksi atau tidak terbaca pada umumnya banyak yang langsung beranggapan bahwa flashdisk mereka telah rusak.

Sehingga banyak orang yang membuang flashdisk tersebut walau kondisi flashdisk itu masih bagus. Padahal masih ada kemungkinan agar flashdisk bisa terdeteksi lagi dengan mengikuti cara memperbaiki flashdisk sehingga bisa dapat digunakan secara normal.

cara memperbaiki flashdisk

Penyebab flashdisk bisa rusak biasanya dipengaruhi dari berbagai faktor. Salah satu penyebabnya yaitu pelepasan flashdisk secara langsung tanpa di eject terlebih dahulu. Sehingga berakibat crash pada chip flashdisk, bahkan bisa saja flashdisk tiba-tiba rusak permanen. Jika sudah rusak permanen maka kemungkinan harapan sangat kecil untuk dapat pulih seperti semula.

Selain itu pelepasan flashdisk yang tidak sesuai dengan prosedur yang benar juga bisa saja menyebabkan flashdisk write protected. Sehingga walaupun flashdisk terbaca, bisa aja datanya tidak terbaca. Maka dari itu, untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, silakan kamu ikuti cara memperbaiki flashdisk rusak dibawah ini.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca

cara-memperbaiki-flashdisk-yang-tidak-terbaca

  1. Yang harus dilakukan dalam mengikuti cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca adalah dengan melakukan pengecekan kerusakan terlebih dahulu.
  2. Amati dan lihat apakah kerusakan memang terjadi pada flashdisk atau hanya pada socket driver flashdisk kita. Bisa juga sistem operasi komputer anda yang mengalami masalah.
  3. Coba hubungkan flashdisk pada komputer atau laptop teman anda. Jika terdeteksi, berarti di komputer anda yang mengalami error sistem operasinya. Untuk mengatasinya kamu bisa mencari driver untuk scan flashdisk kamu agar dapat muncul lagi di komputer. Jika masih belum terdeteksi juga, maka kemungkinan besar memang pada flashdisk anda terdapat masalah.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

cara-memperbaiki-flashdisk

  1. Silakan anda sambungkan flashdisk ke komputer atau laptop
  2. Selanjutnya ketik shortcut CTRL + R pada keyboard, kemudian ketik pada kolom perintah compmgmt.msc , selanjutnya tekan Enter
  3. Nantinya akan terbuka program compmgmt dengan sendirinya. Jika sudah terbuka, silakan klik program tersebut.
  4. Pada menu, silakan pilih Storage yang terdapat di tengah. Kemudian pilih Disk Management. Biasanya jika kerusakan flashdisk tidak terlalu parah, maka kemungkinan besar flashdisk kamu dapat terdeteksi kembali.
  5. Jika terdeteksi, silakan klik kanan lalu anda pilih menu Create partition.
  6. Selanjutnya, silakan anda format flashdisk dengan melakukan klik kanan kemudian pilih Format.

Itulah cara memperbaiki flashdisk yang rusak dan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. Namun, jika flashdisk anda masih belum terbaca, silakan kamu download software repair flashdisk yang bisa kamu cari di google. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan anda komentar dibawah artikel ini. Terima kasih sudah berkunjung.

 

Advertisement
Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Di Komputer | admin | 4.5