Arung Jeram Bersama Progo Rafting, Seru !!!

Arung jeram bersama Progo Rafting merupakan pengalaman yang luar biasa, progo rafting merupakan layanan arung jeram profesional yang ada di Hotel Puri Asri, Magelang, Jawa Tengah. Progo rafting memiliki berbagai macam paket arung jeram, mulai dari sungai progo atas, sungai elo, sungai progo hulu, dan sungai progo bawah. Tiap arung jeram memiliki grade, panjang lajur, jarak tempuh lajur dan minimal umur yang berbeda-beda, untuk lebih jelasnya silakan kamu lihat pada gambar dibawah ini atau dapat langsung mengunjungi web resmi progo rafting nya disini progorafting.com untuk mendapatkan informasi lebih detailnya.

Pada tanggal 24 Januari 2016, saya bersama blogger jogja dan blogger magelang mendapatkan undangan dari Mas Andy untuk dapat hadir ke tempat arung jeram progo rafting disana. Waktu itu sungai yang kita arungi adalah sungai progo atas yang memiliki panjang 9 KM, start dimulai dari Hotel Puri Asri hingga sampai finish di desa Babrik, kecamatan Tempuran, Magelang yang memakan waktu sekitar 2 jam.

Pada pagi hari cuaca sangat mendukung untuk dapat melakukan arung jeram di sungai progo, ketinggian air di sungai tersebut tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah sehingga dapat di arungi dengan nyaman dan lancar sesuai rencana walaupun saya dan teman-teman blogger ada yang tidak bisa berenang.

Sebelum kita melakukan rafting, pemandu memberikan arahan kepada kami agar dapat mengarungi arung jeram sesuai prosedur yang ada supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Baik itu cara pegang alat dayung, posisi duduk, cara mendayung, cara berpegangan pada perahu karet, cara mengangkat teman yang tercebur ke dalam air hingga cara berenang menggunakan pelampung yang benar.

Sesudah mendengarkan serta mempraktekkan arahan dari pemandu rafting, kami bergegas memakai helm dan pelampung khusus yang dapat mengangkat berat badan 150Kg di dalam air serta mengambil dayung yang sudah disediakan oleh progo rafting. Kemudian kami berjalan menuju perahu karet yang berada di sisi sungai.

Saat itu saya rafting bersama teman-teman blogger jogja dan magelang menggunakan 4 perahu karet. Tiap perahunya diisi 5 orang dan ditambah 1 pemandu profesional. Di sungai progo atas ini, kita melalui berbagai jeram yang cukup menantang, sehingga menyebabkan perahu karet kami tersangkut beberapa kali di bebatuan. Namun itu tidak menjadi kendali bagi kami, karena telah ada pemandu yang sudah sigap memberikan arahan kepada kami untuk dapat mengatasi masalah tersebut.

Di sungai progo, kita melewati jeram yang cukup banyak. Mulai dari jeram yang kecil hingga jeram yang panjang dan berkelok-kelok, sehingga membuat perjalanan arung jeram ini menjadi menantang dan semakin seru. Pada saat mengarungi jeram di sungai progo atas, setidaknya terdapat 4 jeram yang paling menantang sehingga membuat saya beserta teman-teman harus berpegangan pada perahu karet agar tidak terlempar ke jeram tersebut.

Setelah sampai di tengah perjalanan, kami semua diberikan waktu untuk beristirahat sejenak di sisi sungai sambil membuat moment-moment berharga seperti membalikkan perahu karet dengan sengaja, loncat dari bebatuan menuju ke arus sungai dan berenang di arus sungai tersebut. Tiap moment tersebut telah di abadikan dalam sebuah foto oleh para fotografer profesional yang sudah disediakan oleh tim progo rafting. Sehingga kita tidak perlu lagi membawa handphone ataupun kamera, karena dikhawatirkan dapat rusak terkena air bagi yang kamera dan handphonenya tidak dilengkapi waterproof.

Setelah membuat moment-moment yang berharga, kami kembali melanjutkan rafting menuju garis finish. Pada saat menuju garis finish rafting tersebut, kami masih harus menghadapi 2 jeram. itu merupakan jeram yang sangat di nanti-nanti oleh kami karena jeram tersebut cukup panjang dan berkelok. Sehingga kita harus kompak mendayung agar perahu karet tidak tersangkut ataupun terbalik pada jeram tersebut.

Setelah menyelesaikan seluruh jeram di sungai progo atas, sampailah kami di tempat finish yang berada di desa Babrik, kecamatan Tempuran Magelang. Ditempat finish, kami telah disuguhkan oleh minuman kelapa muda dan juga gorengan untuk dapat mengembalikan stamina yang ada. Setelah selesai beristirahat di tempat finish, kami pulang menggunakan angkot yang sudah disediakan oleh progo rafting menuju kembali ke Hotel Puri Asri.

Sesampainya di Hotel Puri Asri, kami disuguhkan makanan lagi oleh Mas Andy. Di bawah saung yang berada di halaman hotel tersebut, kami menyantap makanan bersama-sama sambil mengobrol dan melihat pemandangan yang sangat indah di lokasi tersebut. Berikut ini adalah pemandangan di sekitar Hotel Puri Asri.

Sungguh pengalaman rafting yang seru dan mengasyikkan bersama progo rafting, sudah harganya terjangkau, kualitas pelayanannya baik, dan juga menyatu dengan Hotel Puri Asri. Jadi, anda tidak usah khawatir lagi apabila hendak menginap di sekitar lokasi tersebut. Karena Hotel Puri Asri merupakan hotel berbintang 5 yang memiliki kualitas pelayanan yang sangat bagus.

Arung Jeram Bersama Progo Rafting, Seru !!! | admin | 4.5