6 Tips Mengelas Pipa Stainless dengan Baik dan Benar

Advertisement

Untuk menyambungkan pipa yang satu dengan pipa lainnya, salah satu cara yang biasa digunakan ialah dengan cara pengelasan. Teknik pengelasan yang baik akan menghasilkan kualitas sambungan yang baik pula. Dengan menggunakan teknik pengelasan yang baik, sambungan antara satu pipa dengan yang lainnya tidak akan terlalu terlihat, kalaupun terlihat biasanya sambungan tersebut terlihat halus.

las-pipa

Secara umum, cara pengelasan antara satu pipa dengan pipa yang lain relatif sama, begitu juga dengan pipa jenis stainless dan pipa besi. Meski bentuk pipa stainless dan pipa besi kurang lebih sama, cara pengelasan pipa jenis stainless memiliki perbedaan dengan pengelasan pipa besi. Hal ini disebabkan karena sifat tahan karat pada pipa jenis stainless harus tetap dipertahankan. Nah, jika ingin melakukan pengelasan pipa jenis ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut:

  1. Bersihkan permukaan pipa

Sebelum melakukan pengelasan pipa jenis stainless, bersihkan dulu permukaan pipa tersebut hingga tidak ada kotoran yang menempel. Pastikan pipa itu terbebas dari pengaruh oksida. Gunakan sikat kawat baja untuk menyikatnya. Dengan begitu, kandungan oksidanya akan terkikis semua. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan agar proses tersebut dapat berjalan secara aman.

 

  1. Perhatikan suhu kamar

Untuk mendapat hasil pengelasan yang bagus, sebaiknya lakukan proses pengelasan pada suhu kamar. Meski begitu, perhatikan dulu jenis stainless yang akan dilas. Karena pada beberapa jenis pipa stainless biasanya memerlukan suhu lebih tinggi, seperti pipa yang terlalu tebal atau kandungan karbonnya tinggi.

 

  1. Cari metode pengelasan

Pengelasan pipa jenis stainless ini bisa dengan beberapa metode.  Beberapa metode yang bisa digunakan misalnya metode sudut, metode belakang, metode tepi, metode lap, dan metode T. Namun dari semua metode tersebut, metode yang paling umum digunakan ialah pengelasan dengan metode T. Sebelum mengelas, putuskan dulu metode yang tepat agar hasilnya pun memuaskan.

 

  1. Lakukan proses pengelasan yang tepat

Ada beberapa proses pengelasan pipa jenis stainless yang tepat dan sesuai dengan sifat pipa tersebut, yaitu Flux Cored Arc Welding, Gas Material Arc Welding, Shielded Metal Arc Welding, dan Tungsten Gas Welding. Anda bisa memilih salah satu dari keempat proses tersebut yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pengelasan.

 

Selama proses pengelasan, jangan lupa untuk melakukan purging. Purging ialah  mengisolasi ujung bagian pengelasan sehingga tidak ada oksigen yang masuk. Hal ini penting karena  kandungan gas oksigen bisa menurunkan daya tahan korosi pipa. Dengan melakukan purging, hal tersebut dapat dihindari. Purging dapat mendorong keluar semua gas oksigen yang ada di sekitar area pengelasan dengan bantuan gas argon.

 

  1. Cari logam pengisi yang sesuai

Jika dua pipa yang akan dilas memiliki sifat dasar yang sama, logam pengisi ini tidak terlalu dipermasalahkan. Namun akan beda halnya jika dua pipa yang dilas memiliki sifat dasar berbeda. Anda harus mencari logam pengisi yang sesuai, setidaknya yang sifatnya mendekati logam dasar.

 

  1. Lakukan pemanasan

Setelah dilas, pipa jenis stainless sebaiknya mendapatkan proses pemanasan yang tepat. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pendinginan yang bisa merusak bagian dalam pipa yang dapat mengakibatkan keretakan.

Demikian cara mengelas pipa jenis stainless yang baik dan benar. Jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung saat melakukan pengelasan seperti pakaian lengkap, kacamata las, dan sarung tangan. Semua kelengkapan tersebut untuk memastikan keamanan Anda saat mengelas pipa stainless. Semoga bermanfaat!

Recent search terms:

Advertisement
6 Tips Mengelas Pipa Stainless dengan Baik dan Benar | admin | 4.5