Cara Memperbaiki Memory Card HP Yang Tidak Terbaca

Advertisement

Cara Memperbaiki Memory Card – Memory card anda tidak dapat dibuka atau ke hidden itu disebabkan adanya kerusakan. Cara memperbaiki memory card handphone yang tidak terbaca dapat anda lakukan dengan sangat mudah, kamu hanya perlu membuat memory card tersebut dapat muncul dan terdeteksi kembali oleh perangkat gadget handphone anda.

Memory card merupakan media penyimpanan pada handphone yang sangat penting, apabila memory card tersebut ke hidden ataupun tidak terdeteksi maka kemungkinan data yang ada pada memory tersebut tidak akan muncul di handphone anda. Maka dari itu, jika kamu mau memunculkan kembali semua jenis file yang terdapat pada memory card tersebut, silakan kamu ikuti cara memperbaiki memory card dibawah ini dengan baik dan benar.

 

Cara Memperbaiki Memory Card
1. Silakan kamu matikan handphone terlebih dahulu, lalu cabut SD card memory pada gadget anda.
2. Bersihkan SD card memory kamu menggunakan penghapus berwarna putih pada bagian lempengan tembaga yang terdapat pada memory SD card tersebut.
3. Apabila sudah membersihkan, silakan kamu masukkan kembali ke gadget android anda.
4. Nyalakan kembali HP anda, lalu masuk pada bagian setting => penyimpanan, jika sudah terdeteksi kamu gak perlu lagi mengikuti cara selanjutnya dibawah ini. Namun jika masih belum terdeteksi silakan kamu ikuti cara selanjutnya dibawah ini.
5. Keluarkan kembali memory card anda, lalu silakan kamu masukkan pada card reader atau modem yang bisa di sambungkan pada komputer ataupun laptop.
6. Jika sudah dimasukkan, silakan kamu colokkan card reader tadi ke komputer atau laptop kamu.
7. Lalu masuk ke komputer dan klik kanan pada tampilan card reader kartu memory kamu tadi. Nanti akan ada tulisan Removable Disk.
8. Jika sudah silakan kamu pilih Tools dan klik Check Now.
9. Centang kedua opsi, automatically check sistem for error dan juga scan for and attempt recovery of bad sector.
10. Jika sudah silakan klik Start dan tunggu hingga selesai.
11. Apabila telah selesai, silakan kamu pasangkan kembali memory SD Card ke smartphone android kamu untuk dapat mengecek apakah memory card anda sudah terdeteksi ataupun belum pada bagian Setting => penyimpanan.
12. Jika sudah, berarti anda telah berhasil mengikuti cara diatas. Namun apabila belum, anda dapat mengikuti cara selanjutnya dibawah ini.

[ Baca Juga : Cara Memperbaiki Touchscreen Android Yang Error ]

13. Cabut kembali Micro SD Card smartphone android anda, dan pasangkan pada card reader.
14. Colokkan card reader tersebut ke PC atau laptop kamu.
15. Lalu cari lah driver SD card smartphone anda pada komputer.
16. Apabila sudah ketemu, silakan kamu klik Start => RUN => ketik CMD hingga muncul jendela Command prompt.
17. Lalu kamu ketikkan “FORMAT i:/FS:FAT” arti dari i adalah drive kartu memory yang anda format, apabila drive memory kamu bernama G berarti anda harus menulisnya seperti ini “FORMAT G:/FS:FAT”.
18. Jika sudah, silakan tunggu beberapa saat hingga proses berjalan sampai selesai.
19. Lalu cabut dan pasangkan kemali SD card tadi ke smartphone anda dan nyalakan smartphone anda.

[ Baca Juga : Cara Memperbaiki Bluetooth Android Error ]

20. Jika sudah menyala, silakan kamu cek memory SD card smartphone anda pada bagian Setting => Penyimpanan, apabila sudah terdeteksi berarti cara ini berhasil namun jika belum berarti ada kerusakan cukup parah yang terjadi pada tembaga SD card anda seperti retak, patah hingga kuningannya putus.
Mungkin hanya itulah cara memperbaiki memory card hp yang tidak terbaca jika SD card anda masih belum bisa terdeteksi berarti anda harus membelinya dengan yang baru, semoga dengan adanya artikel ini kamu dapat mengatasi memory card hp anda jika mengalami kerukasan yang sama terulang kembali. Terima kasih sudah berkunjung dan selamat mencoba, jika ada yang mau ditanyakan silakan komentar pada artikel dibawah ini.

Recent search terms:

Advertisement
Cara Memperbaiki Memory Card HP Yang Tidak Terbaca | admin | 4.5